Sukses

Lifestyle

Diduga Beban Kerja Terlalu Berat, Pegawai Cantik Ini Bunuh Diri

Keputusan seseorang untuk bunuh diri bisa disebabkan oleh banyak hal. Pun banyak faktor penyebabnya. Salah satunya bisa dari tekanan dan beban kerja.

Matsuri Takahashi, wanita berusia 24 tahun ini ditemukan tewas bunuh diri di asramanya tanggal 25 Desember 2015 lalu. Seperti yang dilansir oleh asahi.com, diduga penyebab bunuh diri Matsuri adalah karena beban kerja yang terlalu berat. Setelah lulus dari Fakultas Sastra, Universitas Tokyo, Matsuri bekerja di perusahaan periklanan, Dentsu Inc sejak bulan April 2015. Matsuri bekerja di divisi Digital Account.

Menurut pengacara yang menangani kasus ini, beban kerja Matsuri bertambah berat pada bulan Oktober 2015. Tercatat dari tanggal 9 Oktober 2015 hingga 7 November 2015, jam lemburnya saja mencapai 105 jam. Sebelum memutuskan untuk bunuh diri, Matsuri sering menghubungi kolega dan teman-temannya melalui media sosial dan mengirim pesan, "Aku ingin mati."

Tanggal 7 Oktober 2016, keluarga Matsuri dan para pengacara membuka temuannya terkait kematian Matsuri di Mita menggelar jumpa pers di Labor Standard Inspection Office, Tokyo. Diceritakan bahwa beban kerja Matsuri saat itu sangat berat ditambah jumlah jam lembur yang makin panjang. Disimpulkan bahwa Matsuri mengalami tekanan mental karena beban fisik yang sangat berat. Sampai akhirnya Matsuri memutuskan untuk bunuh diri.

Matsuri Takahashi. | Foto: copyright asahi.com

Kasus Matsuri ini bukan pertama kalinya terjadi di kalangan pegawai Dentsu. Pada tahun 1991 lalu, seorang karyawan Dentsu yang berbasis di Tokyo bunuh diri karena beban jam kerja yang panjang. Dalam tuntutan hukum yang diajukan oleh pihak keluarga, Mahkamah Agung memutuskan bahwa pihak perusahaan lah yang bertanggung jawab atas kematiannya. Perusahaan Dentsu kemudian menjabarkan kalau pihaknya selalu meminta para karyawan untuk mengirim laporan terkait dengan kondisi pekerjaan agar bisa dipantau untuk tidak melebihi batas dan beban kerja yang manusiawi.

"Kami memandang kasus bunuh diri pegawai dengan sangat serius," ujar perwakilan Dentsu. Ketika sebuah kasus bunuh diri diduga disebabkan oleh beban pekerjaan, pihak keluarga korban berhak untuk menyampaikan tuntutan mendapatkan asuransi atau kompensasi.

Stres dan tekanan yang dirasakan karena beban kerja yang terlalu berat memang bisa memicu hasrat untuk bunuh diri. Semoga kasus seperti ini tak terulang atau terjadi lagi, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading