Sukses

Parenting

Ladies, Berikut Adalah Waktu yang Tepat untuk Berhenti Mengontrak

Rumah adalah kebutuhan pokok manusia. Maka tidak heran jika memiliki rumah sendiri adalah tanda seseorang mencapai kemakmurannya. Saat ini banyak cara untuk mendapatkan rumah salah satunya adalah dengan cara mengontrak.Tapi akankah selamanya kamu memilih untuk tinggal di kontrakan selamanya? Hmm, tentu tidak bukan.

Berikut adalah hal yang harus kamu lakukan saat memutuskan berhenti mengontrak rumah. Tentu saja sebelum membuat keputusan, pikirkan tentang berikut ini.

    Semua Kewajiban Sudah Lunas

    Jangan membebani keuangan kamu dengan hutang baru. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah pastikan bahwa kewajiban kamu sudah lunas semua. Jika memang ada beberapa tanggungan yang belum lunas, perhitungkan jangka waktunya. Prioritaskan untuk melunasi hutang non produktif terlebih dahulu.

    Dana Uang Muka Sudah Siap

    Uang muka untuk rumah biasanya adalah 30% dari harga rumah. Jika harga beli rumah yang kamu inginkan 200 juta-an maka dana sekitar 60 juta yang harus kamu siapkan. Jika memang dana untuk uang muka rumah sudah siap, maka segera pikirkan untuk memiliki rumah sendiri.

    Harga Rumah Tidak Semakin Murah

    Jika memang ada kesempatan untuk memiliki rumah seperti mendapatkan fasilitas KPR yang terjangkau, segera untuk memutuskan membeli rumah. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Karena fasilitas KPR tidak semua mendapatkan dengan mudah. Nah, jika kamu mendapatkannya mengapa harus menolaknya?

Fokus dengan tujuan finansial kamu sangat penting. Selain menyiapkan dana darurat kamu juga dapat menyiapkan DP untuk membeli rumah. Sambil menyiapkan dana tersebut kamu juga dapat fokus untuk menyelesaikan hutang yang kamu miliki. Jika semua sudah terpenuhi maka kamu sudah siap untuk melangkah ke arah selanjutnya, yaitu memiliki rumah. Bagaimana, apakah sudah siap untuk pindah kontrakan ke rumah sendiri? Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading