Sukses

Lifestyle

Berhutang Bukan Dosa, Asal Kamu Penuhi Syarat Ini

Memiliki hutang memang tidak menyenangkan, apalagi kalau bukan masalah angsuran. Kamu tentu tahu bahwa setiap kali pengajuan pinjaman harus disertai kesanggupan untuk mengangsur. Tidak selamanya berhutang adalah hal yang buruk. Ada beberapa hal yang dapat membuat kamu boleh untuk melakukan pinjaman.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi alasan mengapa kamu boleh mengajukan pinjaman. Beberapa hal tersebut antara lain:

    Beli untuk Aset

    Kamu berhutang untuk membeli barang yang bersifat aset. Pembelian rumah, tanah dan kendaraan bermotor bisa kamu lakukan secara kredit. Tapi ingat meskipun bisa dilakukan secara kredit kamu harus tetap memperhitungkan besarnya angsuran.

    Tentukan Jangka Waktu Pinjaman

    Untuk menentukan jangka waktu pinjaman, harus lebih pendek dari umur ekonomi barang tersebut. Untuk rumah dan tanah kamu dapat membuat angsuran yang lama. Tapi untuk kendaraan bermotor yang umur ekonominya rata-rata 5 tahun, usahakan untuk mengangsurnya kurang dari 5 tahun.

    Pilih Lembaga Keuangan yang Tepat

    Pilih lembaga pembiayaan yang tepat. Jangan asal pilih. Saat ini banyak lembaga keuangan yang melakukan usaha pembiayaan dengan berbagai fasilitas. Fasilitas yang lengkap akan membuat kamu nyaman memakai barang yang status pembayarannya belum lunas.

    Tentukan Angsuran

    Besarnya angsuran usahakan untuk tidak lebih dari 30% jumlah pendapatan kamu. Hal ini penting untuk mengatur jumlah pengeluaran kamu. Ingat pendapatanmu tidak hanya untuk membayar angsuran saja bukan?

Nah, Ladies demikian 4 hal alasan memiliki pinjaman adalah bukan hal yang salah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading