Sukses

Lifestyle

Ternyata Ada Kok Trik Berhemat Pulsa Listrik, Ladies!

Pengeluaran bulanan sering jebol dengan aneka tagihan yang membengkak. Salah satu yang memakan biaya cukup banyak adalah pengeluaran listrik. Aneka peralatan elektronik di rumah menciptakan kebutuhan daya yang juga nggak kalah tinggi. Banyak juga yang kemudian beralih ke listrik prabayar dan membeli token listrik sesuai kebutuhan.

Nah, beberapa cara ini bisa dilakukan untuk menghemat pulsa listrik agar tidak membengkak, Ladies.

Pilih Daya Listrik Sesuai Kemampuan

Tahukah Ladies jika beda daya listrik, beda pula harga per kWh listriknya? Untuk menghemat pembelian token listrik setiap bulannya, ada baiknya untuk memperkirakan terlebih dahulu berapa daya listrik yang dibutuhkan untuk pemakaian sehari-hari. Semakin besar yang dipakai, maka semakin mahal pula harga per kWh listriknya. Jika terlalu besar dibanding kebutuhan, bisa kok meminta ke kantor PLN terdekat untuk menurunkan daya listrik.

Beralih ke Lampu Jenis LED

Saat ini di pasaran sudah banyak beredar lampu jenis Light Emitting Dioda atau LED dengan berbagai merk. Selain lebih hemat energi, lampu ini lebih terang, tidak panas, dan lebih tahan lama. Hanya dengan daya listrik yang lebih rendah, lampu LED dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang, ketimbang lampu lain dengan daya listrik yang lebih besar. Walau harga belinya sedikit lebih mahal, tapi sebanding dengan penghematan listrik setiap bulannya.

Cabut Peralatan dari Saklar

Cabut peralatan elektronik yang tidak terpakai dari port-nya. Meskipun dalam keadaan mati, tapi listrik akan terus mengalir ke peralatan tersebut. Hal ini justru membuat penggunaan listrik jadi lebih besar, yang berimbas pada pemakaian pulsa listrik semakin membengkak. Ingatkan diri sendiri dan anggota keluarga lainnya untuk mencabut kabel peralatan elektronik dari saklar, setiap kali tidak digunakan.

Hemat dan Cermat Menggunakan Listrik

Tanpa disadari, ada banyak cara untuk menghemat listrik saat melakukan aktivitas sehari-hari. Memilih AC hemat energi yang disesuaikan dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada bisa menjadi salah satunya. Selain itu, hindari membuka pintu kulkas dalam waktu lama, atau mengisinya terlalu penuh. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama di siang hari dan matikan lampu yang tidak digunakan. Cara-cara ini cukup efektif untuk menekan pengeluaran listrik setiap bulan, lho.

Nah lakukan beberapa trik menghemat pulsa listrik ini untuk menekan biaya belanja rumah tangga setiap bulannya. Selamat mencoba, Ladies!

(adv/eth/wri/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading