Sukses

Lifestyle

Rumah Ditinggal Mudik, Perhatikan Ini Agar Tak Terjadi Kebakaran

Lebaran sebentar lagi, sebagian besar orang mungkin sudah sampai kampung halaman. Tapi, sebagian lagi mungkin tengah mempersiapkan pulang ke kampung halaman atau sekedar mudik di rumah saudara, kerabat juga sahabat. Oh iya, saat kamu dan keluarga memutuskan untuk mudik, pastikan bahwa rumah dalam kondisi aman dan nyaman. Jangan sampai, karena kelalaian dan ketidak pedulian dengan barang-barang sepele di rumah, saat ditinggal mudik rumah menjadi rusak, kemalingan atau bahkan yang lebih menyedihkan kebakaran.

Ya, agar rumah tidak terjadi kebakaran atau kebanjiran air kran di kamar mandi atau dapur, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Listrik

    Saat meninggalkan rumah untuk pergi mudik dan memastikan rumah aman serta baik-baik saja selama ditinggal mudik, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah listrik. Pastikan bahwa saat ditinggal tidak ada kabel yang rusak atau konslet. Pastikan pula bahwa tidak ada peralatan elektronik yang menyala. Kalau memang ingin menyalakan lampu, usahakan menyalakan lampu bagian luar saja dan beberapa ruangan yang penting saja seperti garasi atau teras.

    Kompor

    Agar rumah aman dan tidak terjadi kebakaran, pastikan bahwa kompor di rumah berada dalam kondisi aman. Pastikan bahwa gas pada kompor tidak dipasang dengan sembarangan. Akan sangat baik, jika selama ditinggal mudik kompor dimatikan dan gas dilepas dari kompor. Jauhkan pula benda-benda yang memungkinkan mudah terbakar dari gas atau kompor serta peralatan listrik yang memudahkan api menyala.

    Kran Air

    Selain memastikan bahwa listrik dan kompor aman, kamu juga perlu memastikan bahwa tidak ada kran air yang terbuka. Tidak jarang, karena kelalaian pemilik rumah selama ditinggal mudik dimana membiarkan kran menyala, hal ini akan menyebabkan banjir di dalam rumah. Tak hanya membuat banjir, membiarkan air menyala akan memungkinkan kamu membayar tagihan air yang sangat banyak. Padahal, kamu sama sekali tidak menggunakan air tersebut.

    Kendaraan Pribadi

    Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan agar rumah tidak kebakaran juga hal buruk lain adalah kendaraan pribadi. Saat ditinggal mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi aman dan tidak memungkinkan adanya kerusakan yang berakibat fatal. Simpan pula kunci kendaraan di tempat yang aman agar kendaraan pribadi aman.

    Sampah

    Ini merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan saat rumah ditinggal mudik, sampah. Pastikan untuk membuang sampah yang ada di rumah sebelum kamu dan keluarga benar-benar berangkat mudik. Keberadaan sampah di dalam rumah bisa jadi akan menyebabkan rumah sangat kotor, banyak tikus dan kecoa berkeliaran serta menyebabkan banyak bakteri juga virus beredar di dalam rumah.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu memutuskan untuk meninggalkan rumah dan mudik. Agar rumah lebih aman dan jauh dari macam bahaya, nggak ada salahnya jika kamu meminta saudara, tetangga atau orang kepercayaan dekat rumah kamu untuk menengok dan melihat kondisi rumah. Semoga, tips ini bermanfaat dan selamat mudik bagi yang mudik. Selalu hati-hati di jalan dan pastikan untuk menjaga keamanan serta kenyamanan mudik juga keamanan dan kenyamanan tempat tinggal yang ditinggal mudik.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading