Sukses

Lifestyle

Mudik Pakai Motor Tetap Aman & Nyaman, Perhatikan 5 Hal Ini

Tak terasa, kurang dari satu minggu kita semua telah memasuki libur panjang lebaran. Gimana nih dengan kamu yang sedang menimba ilmu atau bekerja di luar kota, ada rencana mudik tahun ini? Berbicara mengenai mudik, sebagian orang tentu punya cara dan hobi sendiri untuk melakukan perjalanan selama mudik. Ada yang suka mudik menggunakan kendaraan umum seperti halnya kereta api, kapal laut, pesawat terbang atau bus. Tapi, tidak sedikit orang yang suka mudik dengan membawa kendaraan pribadi baik itu mobil pribadi atau sepeda motor.

Soal mudik menggunakan sepeda motor, mudik menggunakan sepeda motor memang menyenangkan dan memiliki kesan tersendiri. Ada seni dan efektifitas sendiri saat memutuskan mudik menggunakan sepeda motor. Efektifitas tersebut bisa saja berupa terhindar dari masalah macet, terhindar dari masalah mabuk kendaraan, lebih cepat dan bisa juga lebih nyaman serta lebih santai. Tapi, sebelum benar-benar memutuskan untuk mudik menggunakan sepeda motor, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mudik menggunakan sepeda motor selalu aman dan nyaman lho ya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Kelengkapan Motor

    Pastikan bahwa motor yang digunakan untuk mudik lengkap. Lengkap ini mulai dari kelengkapan bagian-bagian sepeda motor dan kelengkapan surat-surat bermotor penting lain seperti STNK juga SIM. Cek juga apakah kondisi ban, spion, rem dan bagian-bagian motor lain dalam keadaan lengkap serta prima.

    Cek Kondisi Motor

    Pastikan untuk cek kondisi motor. Jangan sampai, saat digunakan mudik motor justru mogok atau rusak di tengah perjalanan. Sebelum benar-benar dibawa mudik, pastikan bahwa kamu telah memeriksakan kondisi motor ke bengkel terdekat atau bengkel langganan kamu. Ganti oli, service, cek kondisi rem, kondisi lampu dan kondisi penting pada motor hingga dipastikan motor aman dan nyaman saat dipakai untuk melakukan perjalanan jauh.

    Barang Bawaan

    Jika performa motor sudah memungkinkan untuk dibuat melakukan perjalanan jauh dan mudik, hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah barang bawaan. Pastikan membawa barang bawaan secukupnya. Jangan membawa barang bawaan berlebihan karena hal ini sangat tidak aman dan membuat kamu juga keluarga merasa jauh dari perasaan nyaman. Bawa barang yang dianggap penting dan pokok saja.

    Kesehatan Pengendara

    Sebelum mudik menggunakan motor, pastikan untuk mengecek kondisi kesehatan. Kondisi kesehatan ini bisa berupa kondisi kesehatan pengendara atau pun seseorang yang diajak berkendara. Jangan sampai mudik ke kampung halaman dan melakukan perjalanan jauh dengan motor jika pengendara motor dalam kondisi kurang sehat atau kurang fokus.

    Gunakan Perlengkapan Motor Lengkap dan Standar

    Saat memutuskan untuk mudik menggunakan sepeda motor, pastikan untuk menggunakan perlengkapan motor yang lengkap dan standar. Jangan lupa untuk memakai helm, sarung tangan, jaket, masker, kaos kaki/sepatu dan perlengkapan lain yang membuat perjalanan nyaman. Jangan lupa pula untuk membawa jas hujan.

Itulah sedikitnya 5 hal yang perlu diperhatikan ketika kamu akan melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor. Oh iya, selain hal di atas, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah pastikan untuk istirahat di masjid atau di pom bensin ketika kamu telah merasa lelah dan ngantuk, jangan hanya mengisi bahan bakar untuk kendaraan saja selama di perjalanan, jika lapar dan haus dan telah tiba waktu berbuka puasa, usahakan untuk berbuka juga. Usahakan agar selalu membawa alat komunikasi dan pastikan alat komunikasi tidak akan mengganggu selama di perjalanan.

Selama di perjalanan, pastikan dan usahakan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Rencanakan pula rute mudik kamu sebelumnya agar kamu tetap merasa aman dan nyaman selama berkendara. Jangan lupa buat tetap santai dan tidak terlalu ngebut. Gimana, sudah semakin siap dan mantap buat mudik lebaran tahun ini? Semoga tips ini bermanfaat dan selamat melakukan mudik lebaran serta selamat sampai kampung halaman dengan aman serta nyaman.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading