Sukses

Lifestyle

Memakai Make Up Saat Berpuasa Bagi Wanita Muslim, Bolehkah?

Bagi sebagian besar wanita, make up merupakan salah satu kebutuhan pokok. Make up juga telah menjadi peralatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan setiap wanita. Make up sendiri bisa berupa bedak, lipstik, eyeliner, pelembab wajah, pensil alis dan masih banyak lagi. Oh iya, kalau ngomongin soal make up, apakah seorang wanita muslim yang sedang berpuasa diperbolehkan memakai make up? Dan bagaimana hukum memakai make up selama berpuasa tersebut?

Dikutip dari laman emirates247.com, memakai make up selama berpuasa diperbolehkan. Diperbolehkannya memakai make up ini sendiri terjadi karena make up merupakan peralatan atau benda yang ditempatkan untuk menghias diri dan pengaplikasiannya di luar tubuh. Selama memakai make up tersebut tidak memungkinkan make up tertelan atau masuk ke dalam tubuh, memakai make up hukumnya boleh atau tidak apa-apa.

Dr Ali Ahmed Mashael dari Grand Mufti di Islamic Affairs & Charitable Activities Department di Bubai mengatakan,

"Memakai make up selama berpuasa diperbolehkan. Ini karena make up bukan suatu hal atau makanan yang akan ditelan atau dimakan. Selama make up tersebut tidak tertelan, memakai make up diperbolehkan."


Tapi, meski memakai make up hukumnya boleh dan tidak apa-apa, Dr Ali menyarankan agar setiap wanita muslim yang sedang berpuasa tidak mengaplikasikan make up berlebihan. Alangkah baiknya jika setiap wanita tetap menjaga kesederhanaan diri selama berpuasa dengan tidak memakai make up berlebihan. Dr Ali mengungkapkan bahwa sebaiknya di siang hari seseorang tidak memakai make up karena puasa tidak harus dimanjakan dengan hal-hal seperti make up atau sejenisnya.

Kalau pun seseorang diharuskan memakai make up karena pekerjaan atau karena ingin membahagiakan suami, disarankan agar make up yang diaplikasikan ke wajah sederhana saja. Pastikan pula bahwa make up yang dipakai ini tidak akan tertelan dan masuk kerongkongan hingga perut. Kalau pun tidak sengaja tertelan, ini juga tidak apa-apa. Kalau tertelannya make up karena sengaja, Dr Ali mengungkapkan bahwa hal ini jelas tidak diperbolehkan dan membatalkan puasa.

Ladies, itulah sedikitnya penjelasan bagaimana memakai make up bagi wanita muslim saat berpuasa. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita pun semakin bijak dalam mengaplikasikan make up selama berpuasa atau di bulan Ramadan yang penuh berkah kali ini. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading