/ragam/93960-nyalauntukyuyun-hukuman-untuk-pelaku-telah-dijatuhkan-adilkah.html

#NyalaUntukYuyun: Hukuman Untuk Pelaku Telah Dijatuhkan, Adilkah?

Rabu, 04 Mei 2016 10:15

Editor: Winda Carmelita

Foto: copyright pixabay.com

Vemale.com - Ladies, belum sempat menghela nafas, sebuah kabar datang lagi dari perkembangan kasus pemerkosaan Yuyun. Berita terakhir yang diterima oleh Vemale, 7 dari 14 pelaku pemerkosaan dan pembunuhan Yuyun dituntut 10 tahun penjara. Tuntutan tersebut sesuai dakwaan jaksa penuntut umum, Arlya Noviana Adam, pada sidang yang dilangsungkan Selasa, 3 Mei 2016.

10 tahun penjara, hukuman yang dijatuhkan untuk mereka yang telah merenggut nyawa seorang gadis kecil yang tanpa dosa, berjalan pulang menuju ke rumahnya. Jika dihitung dari rata-rata usia pelaku saat ini, taruhlah usia tengah-tengah mereka adalah 19 tahun, 10 tahun mendatang saat masa hukuman tersebut selesai mereka masih dalam usia muda yang produktif.

Sebagai seorang perempuan, seorang kakak dan nantinya calon ibu, berapapun angka tahun yang dijatuhkan bagi para pemerkosa tak dapat mengobati luka yang mereka tinggalkan untuk Yuyun dan keluarganya, pun Yuyun-Yuyun lain yang mengalami nasib sama dan semua wanita yang turut merasakan perihnya. Secara hukum, nyawa memang tak selalu harus ditukar nyawa, ada hukum negara yang telah mengatur setiap perkara yang terjadi. Namun, saat hukuman kurungan penjara hanya sebatas memberikan efek jera, saya kembali mempertanyakan, "Apakah 10 tahun penjara adil untuk memberikan efek jera pada pelaku pembunuhan sekaligus pemerkosaan?"

Saya percaya bahwa seseorang layak mendapatkan kesempatan kedua dalam hidupnya. Setiap orang pun memiliki kesempatan bertobat jika Tuhan belum mencabut nyawanya. Tetapi jika ini menjadi alasan pembenaran setiap tindak kriminalitas dan kekerasan seksual yang merenggut masa depan serta nyawa, adil kah? Kekerasan seksual harus dihentikan, sekarang!

--------------------------------------------------------------------------------

Tulisan ini merupakan opini pribadi Winda Carmelita. Kenali lebih jauh Winda Carmelita di www.windacarmelita.com

SAATNYA KITA BERSUARA:

#NyalaUntukYuyun: Kekerasan Seksual Harus Dihentikan Sekarang!

Luka Bakar Bikin Malu? Aku Justru Menawan Dengan Kekuranganku

Tanpa Make Up, Cantikmu Tetap Bisa Terpancar karena 4 Hal Ini

Diet VS Social Media: Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Gadis Anoreksia Rusuknya Patah Ketika Dipeluk, Kini Ia...

(vem/wnd)


Rekomendasi Pilihan

Rambutan Kekinian, Asinan yang Bikin Ngiler

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Kondisi keuangan tidak terlalu baik.