Sukses

Lifestyle

Gerbang Kudus Kota Kretek, Bangunan Megah & Indah Khas Kudus

Jalan-jalan ke Jawa Tengah memang paling menyenangkan, karena di kota ini banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Bila ingin mengeksplor Jawa Tengah lagi, kini telah berdiri megah bangunan Gerbang Kudus Kota Kretek (GKKK), yang tepat berada di kawasan Taman Tanggul Angin, Kecamatan Jati, Kudus.

Proses pembuatan gerbang tersebut kurang lebih memakan waktu satu setengah tahun, dan pada tanggal 27 April 2016 kemarin GKKK telah diresmikan. Tak sekedar jadi bangunan saja, GKKK sendiri memiliki filosofi dalam setiap unsur bangunannya.

Pada bagian atas yang berbentuk daun tembakau dengan jumlah jari jari sebanyak 59, memiliki makna tersirat. Angka 5 sebagai lambang Rukun Islam, kemudian angka 9 memaknai Walisongo, bagian bawah berbentuk 4 tiang cengkeh yang menopang daun tembakau melambangkan 4 pilar kebangsaan antara lain Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

copyright by Vemale.com

Menurut Bupati Kudus, H. Mustofa, mengatakan bahwa banyak para pengendara yang sengaja mengurangi kecepatan dan berhenti di pinggir jalan untuk melihat kemegahannya, sehingga dapat dijadikan daya tarik tersendiri oleh wisatawan.

"Gerbang Kudus Kota Kretek (GKKK) diresmikan sebagai icon kota Kudus, termasuk peran serta PT Djarum untuk mempercantik kota Kudus ini dengan dana Rp 16.125.000.000, jadi harus kita jaga bersama, karena kota Kudus milik kita semua. Ke depannya atas nama pemerintah daerah Kota Kudus akan dibangun rest area di lingkungan sekitar ini, sehingga orang-orang dapat beristirahat dan berselfie di GKKK," ucap bapak Mustofa kepada Vemale belum lama ini.

Oleh-oleh Kudus/ copyright by Vemale.com

Setelah menikmati dan berfoto-foto di Gerbang Kudus Kota Kretek (GKKK) tak jauh dari lokasi, kamu bisa mampir di pusat belanja oleh-oleh khas Kudus. Ada banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Kudus.

"Kita menjual jenang sejenis dodol dari tepung ketan santen dan gula merah. Kemudian ada keciput dari ketan dan wijen, dodol tape singkong. Itu semua oleh-oleh khas Kudus," ucap ibu Puji dari Toko Reliska Jaya.

copyright by Vemale.com

Selain itu, di toko ini juga menjual aneka makanan seperti bandeng presto, wingko babat, bakpia, rengginang, kripik paru, kripik belut dan masih banyak lagi lainnya.

Diharapkan dengan adanya keberadaan GKKK ini, mampu menjadi magnet untuk menarik wisatawan datang ke Kabupaten Kudus, serta menikmati kuliner dan tempat wisata lainnya yang tak kalah menariknya. Jadi ingin jalan-jalan ke Kudus kan ladies?

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading