Sukses

Lifestyle

Ladies, Hati-Hati Jangan Sampai Ketemu Pedagang Curang Ini

Berbelanja di pasar meman memberi banyak keuntungan. Selain bisa dapat harga murah, kita pun masih bisa tawar menawar harga dengan pedagangnya. Hanya saja jangan sampai kita lengah saat sedang bertransaksi. Kalau tak hati-hati, kamu bisa tertipu dan dijebak oleh pedagang yang curang.

Sebuah rekaman kamera memperlihatkan aksi curang seorang pedagang ikan di Kowloon, Hong Kong. Terlihat si pedagang menimbang pesanan pembelinya. Namun, dengan tangannya yang begitu cekatan, ia malah melakukan aksi licik.

Setela menimbang pesanan si pembeli, pedagang curang itu mewadahinya dalam kantung plastik. Tapi siapa sangka ternyata ia sudah lebih dulu menyiapkan kantung plastik yang berisi ikan entah apa di sampingnya.

Video: copyright youtube.com/Daily News

Foto: copyright dailymail.co.uk

Dengan cepatnya, dia menukar pesanan si pembeli dengan ikan dalam kantung plastik yang sudah ia siapkan sebelumnya. Sementara itu si pembeli tampaknya tak menyadari aksi curang si pedagang. Melihat dari cara pedagang tersebut melakukan aksinya, terlihat jelas kalau ia sudah cukup terlatih dan sering melakukan kecurangan tersebut.
Foto: copyright dailymail.co.uk
Video tersebut jadi pengingat untuk kita semua agar lebih hati-hati lagi saat membeli ikan, makanan, atau apapun. Apalagi jika dalam proses transaksi ada kegiatan menimbang dan memasukkannya dalam kantung plastik. Jangan sampai kita tertipu dengan pedagang seperti yang ada di video itu.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Berikut ini sejumlah tips yang bisa kita ikuti agar terhindar dari aksi curang dan penipuan pedagang seperti yang ada di video. Pertama, pastikan barang yang ditimbang adalah barang yang benar-benar kamu pilih dan pesan. Kedua, pastikan kamu melihat langsung proses ketika pedagang memasukkan barangmu dalam kantung plastik. Ketiga, cek lagi barang yang baru kamu beli sebelum meninggalkan lapak pedagang.

Memang tak semua pedagang melakukan aksi curang seperti itu untuk menambah keuntungan. Masih ada pedagang yang jujur dan berdagang dengan cara yang halal. Video tersebut hanya untuk dijadikan pengingat agar kita sebagai pembeli bisa lebih hati-hati saat bertransaksi.

Sedih ya pastinya kalau dicurangi pedagang seperti itu. Apakah kamu punya pengalaman dicurangi pedagang atau dirugikan oleh pedagang, Ladies?




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading