Sukses

Lifestyle

Rompi Unik, Terbuat dari Rambut yang Dikumpulkan Selama 20 Tahun

Ladies, kamu punya hobi membuat sendiri baju yang kamu pakai? Atau mungkin kamu sering memanfaatkan waktu luangmu untuk merajut dan menjahit? Biasanya memang ada kepuasan tersendiri saat kita bisa memakai baju yang kita buat sendiri. Senang rasanya kalau bisa memakai pakaian yang sudah kita buat dengan kerja keras sendiri.

Di Romania, ada seorang wanita yang membuat rompi unik. Dilansir dari odditycentral.com,wanita bernama Ortansa Pascariu ini merajut rompinya dengan bahan rambut yang ia kumpulkan selama 20 tahun. Jadi, ketika usianya 40 tahun, ia tak pernah membuang rambut rontoknya. Semua rambut dikumpulkan jadi satu. Sampai akhirnya ketika usianya menginjak 60 tahun, rambut yang dikumpulkan beratnya sudah mencapai satu kilogram.

Ortansa pun langsung punya ide untuk membuat sesuatu dari rambut yang sudah ia kumpulkan selama 20 tahun tersebut. Ia membuat rompi. Tapi kenapa ya ia tak pernah membuang rambut rontoknya?

Foto: copyright odditycentral.com

"Kudengar dari para sesepuh bahwa wanita tak boleh membuang rambut rontoknya setelah sisiran. Para wanita harus menyimpannya. Kalau tidak, kata para sesepuh, maka kecantikanmu akan ikut terbuang. Aku mulai mengumpulkan rambutku ketika berusia 40 tahun dan di usia 60 tahun aku berhasil mengumpulkan 1 kilogram sesuai dengan yang kubutuhkan untuk membuat sebuah rompi," terang Ortansa.

Berawal dari tradisi tidak boleh membuang rambut rontok yang ada di kampung halamannya di Stauceni, Romania, Ortansa kini punya rompi super unik. Ortansa dulu punya rambut panjang sepinggang, sehingga rambut yang dikumpulkan pun panjang semua dan sangat memudahkan ketika dirajut jadi rompi. "Rasanya aneh tapi juga sangat menyenangkan merajut sesuatu dari rambut kita sendiri," kata Ortansa.

Rompi tersebut memang tak dipakai untuk sehari-hari. Dan setelah disimpan selama lima tahun, rompi dari rambut itu pun disumbangkan dan kini disimpan di museum etnografis setempat.

Suami Ortansa sangat mengapresiasi hasil karya istrinya tersebut. "Aku menyentuhnya dan rasanya seperti wol yang lembut," ucapnya. "Aku sangat bangga dia berhasil menyelesaikannya. Rajutan itu sangat rumit. Rompinya pun sangat bagus."

Benar-benar unik sekali, ya Ladies. Rompi yang dirajut dari rambut ternyata bisa sehalus wol. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri? Eits, tapi pertimbangkan ini sebelum potong rambut.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading