Sukses

Lifestyle

Kenali Ragam Tradisi Unik Saat Perayaan Imlek, Ladies!

Tahun Baru Imlek telah tiba. Bagi keluarga Tionghoa, tentunya sudah menyiapkan segala hal dengan sempurna. Ladies, sudah membeli ornamen Imlek untuk tahun ini belum nih? Saat perayaan Imlek, ada banyak tradisi  melekat yang sangat unik. Yuk cari tahu lebih banyak, Ladies!

Angpao

Angpao adalah salah satu tradisi yang paling ditunggu saat Imlek datang. Angpao adalah amplop merah berisi uang yang biasanya diberikan pada anggota keluarga yang masih kecil atau belum menikah.

Barongsai

Tahun Baru Imlek, selalu identik dengan atraksi Barongsai. Sebagian keluarga Tionghoa pasti tidak akan melewatkan saat pertunjukan Barongsai atau Liong Naga. Pasalnya, Barongsai ini merupakan simbol dari keberuntungan.

Makanan Serba 12

Jangan kaget jika pada saat Imlek nanti, menemukan segala macam makanan atau kue yang jumlahnya serba 12. Hal ini memiliki arti tersendiri, yakni melambangkan jumlah Shio yang totalnya ada 12.

Melunasi Hutang

Sebelum Tahun Baru Imlek, sebagian warga Tionghoa biasanya mulai melunasi hutang. Hal ini dipercaya agar di tahun yang baru nanti mereka tidak banyak hutang lagi. Wah, unik ya?

Tidak Boleh Memakan Bubur

Saat Imlek, warga Tionghoa akan sangat menghindari bubur. Saat Imlek, semua hal dilambangkan dengan keberuntungan, rezeki dan juga kehidupan yang lebih baik. Sedangkan bubur dianggap sebagai lambang kemiskinan.

Bersih-Bersih dan Menghias Rumah

Seluruh masyarakat Tionghoa di berbagai negara memiliki tradisi membersihkan rumah pada tanggal 23 dan 24 sebelum perayaan Tahun Baru Imlek. Mereka percaya bahwa membersihkan rumah berarti juga menyapu bersih nasib buruk yang telah terakumulasi di dalamnya selama setahun terakhir. Ini juga sebagai persiapan rumah menyambut keberuntungan yang baru.

Setelah rumah dibersihkan, biasanya juga dipasang berbagai aksesoris atau hiasan imlek yang diletakkan di meja atau sudut ruangan. Fungsinya untuk menambah keindahan ruangan di rumah dan juga sebagai simbol kekayaan bagi penghuninya.

(adv/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading