Sukses

Lifestyle

Foto Kentang Laku 13,8 Miliar Rupiah, Padahal Tampak Biasa Saja

Ladies, apakah kamu masih ingat dengan keberadaan foto termahal di dunia pada akhir tahun 2014 berjudul Phantom yang ternyata foto tersebut dikatakan sebagai foto yang biasa banget? Biasa atau tidak, kita tetap harus menghargai hasil karya tersebut. Karena apa? Karena, setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda mengenai karya seni.

Jika seseorang telah tertarik dengan sebuah karya seni seperti halnya lukisan atau foto, berapapun harga karya seni tersebut nampaknya akan dibeli. Seperti halnya kisah seseorang pengusaha asal daratan Eropa yang rela mengeluarkan uang sebesar 13,8 miliar untuk membeli sebuah foto kentang. Harga yang sangat mengejutkan bukan? Padahal, foto ini nampak biasa saja.

Photo: Copyright dailymail.co.uk

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, mengingat harga yang diberikan, foto kentang ini dinobatkan sebagai salah satu foto paling mahal di dunia. Gimana nggak paling mahal, harganya saja 13,8 miliar rupiah. Sebuah harga yang sangat fantastis dan menakjubkan. Menurut laporan yang ada, foto ini merupakan hasil karya fotografer bernama Kevin Abosch. Kevin adalah seorang fotografer yang terkenal dengan tarif sangat mahal ketika kita menggunakan jasanya.

Saat ditanya kenapa Kevin memotret kentang, dengan santainya ia menjawab, "Saya suka kentang dengan apa adanya, sama seperti setiap orang di dunia ini yang berbeda namun bisa segera diidentifikasi sebagai spesies yang sama. Saya telah memotret banyak kentang. Dan ini, ini adalah foto kentang favoritku."

Jual beli akan foto kentang yang diberi nama "Potato #345 (2010) ini sendiri terjadi pada tahun 2015 di rumahnya di Paris. Kevin mengungkapkan bahwa saat itu ada seorang pengusaha kaya yang juga seorang kolektor karyanya berkunjung ke rumahnya. Orang kaya itu melihat foto kentang berukuran 162x162cm tergantung di dinding rumahnya dan langsung bertanya berapa harga foto tersebut. Saat Kevin menyebutkan harganya, orang kaya tertarik membelinya.

Photo: Copyright dailymail.co.uk

Oh iya, kira-kira, kenapa orang kaya tersebut rela membeli sebuah foto kentang dengan harga yang sangat fantastis ya? Apa sih istimewanya foto kentang tersebut? Jadi begini, dikutip dari laman lain yakni bussiness insider, karya Kevin Abosch ini dipercaya memiliki karakter foto "iconic black backdrop" atau berlatar belakang hitam. Semacam latar yang menjadi simbol status bagi para pelaku bisnis dan hiburan kalangan elit. Well, tidak heran jika banyak orang dari kalangan elit yang rela mengeluarkan banyak uang untuk sebuah karya seni semacam foto atau lukisan.

Dan meski karya Kevin ini tak semahal foto berjudul Phantom karya Peter Liks, foto kentang karya Kevin Abosch ini sudah termasuk ke dalam 20 foto termahal sepanjang masa. Kalau kamu, kira-kira rela nggak sih bayar 13,8 miliar untuk sebuah foto? Kalau saya sih sepertinya enggak lah ya. :D



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading