Sukses

Lifestyle

Tips Backpackeran Sendirian Untuk Wanita

Pergi berlibur ala backpacker tidak hanya bisa dilakukan oleh pria saja. Wanita pun juga bisa backpacking sendirian. Pergi berlibur ke suatu tempat sendiri memang asyik karena bisa mengeksplore berbagai tempat sesuka hati. Memang sih traveling sendirian juga berisiko, apalagi bagi perempuan. Tapi nggak perlu takut deh, Ladies! Berikut ini adalah cara traveling aman dan menyenangkan.

1. Mencari informasi dahulu

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya kamu mencari informasi dahulu sebanyak-banyaknya. Cari informasi dari buku, majalah, internet atau teman dekat. Ke manapun pergi, cari tahu dan kenali dahulu dengan baik destinasi tersebut. Kenali berbagai tempat yang rawan, hotel yang kurang pengamanan dan juga angkutan umum yang perlu diwaspadai. Dengan begitu, kamu bisa sampai ke tempat tujuan dengan mudah dan aman.

2. Membawa uang tunai

Jangan berpikiran bahwa kartu kredit bisa menyelamatkan kamu dari krisis keuangan. Terkadang, ada beberapa tempat dan hal yang mengharuskan kamu untuk membayar secara tunai. Untuk itu, siapkanlah uang tunai yang cukup agar tidak kesulitan nantinya. Selain itu, pengeluaran juga bisa lebih terkontrol.

3. Fotokopi semua identitas

Memiliki fotokopi identitas itu sangat penting. Hal tersebut bisa berguna saat sedang melakukan perjalanan. Simpanlah fotokopi selain di dompet. Jika berpergian ke luar negeri, pastikan sudah memfotokopi paspor. Memfotokopi identitas dimaksudkan untuk memudahkan kamu jika terjadi hal-hal buruk, seperti kecopetan saat sedang backpacking.

4. Tetap berkomunikasi dengan kerabat

Saat sedang melakukan perjalanan wisata sendiri, pastikan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Ke manapun pergi, pastikan mereka mengetahuinya. Selain itu, tinggalkan juga fotokopi tiket perjalanan. Jika hal-hal terjadi, maka keluarga bisa dengan mudah melacak keberadaanmu.

5. Membawa peta dan buku panduan

Saat berlibur ke suatu tempat sendirian, teman sejati yang sebaiknya dibawa adalah buku panduan traveling dan peta. Dengan peta, kamu bisa mengetahui letak suatu tempat tanpa perlu bertanya pada orang lain. Selain itu, dengan buku panduan travelling kamu  bisa menemukan tempat wisata yang asyik untuk didatangi.

6. Pilih penginapan yang nyaman dan aman

Saat backpacking sendirian, penginapan yang murah terkadang menjadi pilihan. Namun, jangan hanya murah saja, pastikan untuk memilih penginapan di lokasi yang ramai. Jika ada sesuatu hal yang terjadi, maka orang lain bisa memberikan pertolongan dengan cepat. Jangan biarkan kamar ditinggal tanpa dikunci dan simpanlah barang-barang di tempat yang aman.

7. Jangan mudah percaya dengan orang

Berkenalan dengan orang baru memang jadi agenda wajib bagi beberapa backpacker atau traveller. Namun, yang harus diperhatikan adalah jangan mudah percaya begitu saja. Mengobrol dan berbagi kisah ringan memang menyenangkan, tapi pastikan untuk selalu waspada dan menjaga diri  dengan baik.

8. Menggunakan kendaraan umum terpercaya

Saat melakukan perjalanan, kendaraan umum sering menjadi pilihan alat transportasi. Saat menggunakan jasanya, pastikan kamu telah mengetahui reputasi kendaraan umum tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan.

9. Berpenampilan kasual

Saat berpergian sendiri, pakailah pakaian kasual nyaman yang tidak menarik perhatian. Sebaiknya hindari pakaian yang terlalu seksi karena akan mengundang orang lain untuk menggoda. Pakailah sepatu yang aman dan nyaman. Selain itu, hindari juga pemakaian perhiasan yang berlebihan karena memicu tindakan kriminalitas.

Itulah cara aman travelling sendirian untuk wanita. Kamu ingin mencobanya? Liburan kali ini, cobalah untuk lebih mengenal diri sendiri dengan backpacker sendiri.  Jangan lupa cari perlengkapan travelingmu di Cipika.co.id dan dapatkan berbagai pakaian kasual dan sepatu travel yang nyaman. Download Apps Cipika di Google Playstore untuk pengalaman belanja yang lebih mudah.  Selamat jalan-jalan ya!

(vem/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading