Sukses

Lifestyle

Tak Cuma Buat Makanan, Ini Manfaat Lain Dari Tepung Kanji

Biasanya, tepung kanji atau tepung tapioka digunakan untuk membuat berbagai makanan atau kue. Tapi, asal kamu tahu saja Ladies. Selain bisa dimanfaatkan untuk membuat makanan, tepung kanji juga memiliki manfaat lain yang bakalan memudahkan hari-hari kamu di rumah. Meski tepung kanji merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sederhana, tepung kanji memiliki segudang manfaat luar biasa. Penasaran apa manfaat dari tepung kanji tersebut? Berikut ulasannya.

    Lem

    Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh dari tepung kanji adalah manfaatnya sebagai lem. Cara membuat lem dari tepung kanji ini sendiri bahkan sangat mudah lho. Kamu cukup merebusnya bersama sedikit air panas lalu mengaduknya dengan rata. Dengan memasak selama beberapa menit, tepung kanji pun akan berubah menjadi lem alami.

    Pembersih Kaca

    Jengkel dengan kaca yang mudah berdebu dan kotor? Kamu tak perlu khawatir. Cobalah untuk memanfaatkan tepung kanji. Caranya, campurkan sedikit tepung kanji dengan air jeruk nipis dan suka. Jika sudah, tambahkan air secukupnya lalu gunakan untuk menyemprot kaca yang berdebu. Lap dengan kain bersih dan kaca pun akan semakin bersih berkilau.

    Membersihkan Sisa Oli

    Sisa oli yang melekat di lantai memang sangat menyebalkan. Tak hanya itu saja, sisa oli ini juga cukup sulit untuk dibersihkan. Untuk itu, kamu perlu memanfaatkan tepung kanji. Caranya, taburkan bubuk tepung kanji di atas oli lalu lap dengan kain basah. Taraaa, lantai pun akan terlihat lebih bersih dan sisa oli hilang.

    Mengangkat Sisa Tinta di Kain (Baju)

    Tinta adalah salah satu noda paling susah dibersihkan dari kain atau baju. Agar kamu bisa membersihkan sisa tinta di baju dengan baik, kamu perlu memanfaatkan tepung kanji. Caranya, buat tepung kanji menjadi pasta. Tempelkan pada kain yang terkena tinta dan biarkan kering. Cuci kain seperti biasa dan kucek dengan baik. Sisa tinta pun perlahan akan hilang dan kain kembali bersih.

    Menyerap Bau Tak Sedap Sepatu

    Jika kamu punya masalah dengan bau sepatu yang tak sedap, alangkah baiknya jika kamu memanfaatkan tepung kanji untuk mengatasinya. Bungkus sedikit tepung kanji dengan kain lalu letakkan di dalam sepatu. Dengan cara ini, sepatu pun akan terbebas dari bau tak sedap. Tapi ingat, ganti tepung kanji ini setidaknya 2 hari sekali ya.


Ladies, itulah beberapa manfaat tepung kanji selain sebagai bahan masakan. Gimana, manfaat yang sangat luar biasa bukan? Selain manfaat di atas, manfaat lain tepung kanji adalah membersihkan sisa darah haid, mengangkat sisa hairspray di rambut, meredakan luka, mengobati gatal-gatal dan membersihkan bahan perak. Semoga informasi ini bermanfaat ya.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading