Sukses

Lifestyle

Ladies, Yuk! Tanam Sayuran Jenis Hidroponik Sendiri di Rumah

Sayur sayuran merupakan bahan makanan yang sangat sehat. Sayur memiliki banyak sumber manfaat, di antaranya adalah, sayuran sebagai sumber serat, sumber vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan manusia. Sayuran sendiri mempunyai banyak jenisnya. Bila kamu ingin mendapatkan sayuran sehat dengan mudah, kamu bisa menanam sayuran dengan cara hidroponik di rumah. Selain sayur ini bisa tumbuh subur, kamu bisa selalu merawatnya setiap hari dan mengonsumsi di rumah. Kamu juga bisa membuat lingkungan menjadi semakin sehat dan segar.

Kini, HH Farm menyediakan berbagai jenis sayuran yang dapat ditanam dengan metode hidroponik. Sayuran tersebut antara lain kale nero, kale curly, lettuce romaine, green oakleaf, lolorosso, endive, pakchoy dan sebagainya. Semuanya itu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia.

Sayuran hidroponik | Photo: Copyright Doc Vemale.com

"HH Farm menjual sayuran jenis hydrogreens, dimana penanamannya hanya menggunakan air saja, dan jenis sayuran hydrogreens ini dimakan untuk salad atau di jus juga bisa," kata Anto sebagai penjual sayuran hydrogreens kepada Vemale di Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan pada Jumat 13 November 2015.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, sayuran yang di jus ialah kale nero dan kale curly. Biasanya dicampur dengan pisang dan nanas. Agar tetap sehat, jus ini tanpa gula ya. "Sayur kale itu sangat enak untuk di jus, dan sangat bagus sekali untuk tubuh manusia, kalau bisa jangan memakai gula," jelasnya. Selama 3 tahun berdiri, HH Farm memiliki pangsa pasarnya sendiri. Yaitu bagi mereka yang ingin mencoba mempunyai tanaman sayur di rumah yang kemudian bisa dijadikan bahan makanan. "Selain jualan tanaman sayuran, kita juga menjual sama rak-nya, jadi bisa ditanam di rumah jenis sayur seperti hydroponik ini," ucap Anto.

Sayur hidroponik sehat untuk kesehatan tubuh dan lingkungan | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Menurutnya, tidaklah sulit menanam sayur di air seperti ini, paling tidak tergantung dari cuacanya, tetapi sayuran tersebut bisa tahan panas asalkan dikasih pelindung seperti terpal untuk menghindari hama juga. Kemudian, bila tumbuh jamur di daun-daun, langsung buang saja daun tersebut agar tidak melebar dan menjadi busuk.

"Ketelatenan aja sih, nggak ada kendala-kendala lain, paling hanya cuaca saja dan itu bisa diatasi. Kalau bisa pagi dan sore dilihat dan cari tahu kesuburan sayur. Bila di daun ada jamurnya atau telah berwarna kuning, dipretelin (potong) saja daunnya supaya tidak jadi busuk dan meluas," terangnya.

HH Farm menyediakan berbagai jenis bibit tanaman hidroponik | Photo: Copyright Doc Vemale.com

HH Farm menjual jenis sayuran hydroponik ini per kg yang dimulai dari Rp 10.000 hingga Rp 60.000,- Sedangkan untuk rak tanamannya, dijual dengan harga Rp 350.000 setiap satu setnya. Bila kamu tertarik untuk belajar menanam tanaman hydroponik ini bisa hubungin ke nomor 08161389964 atau 087881838733, bisa lihat juga di Instagram @hhfarmjkt. Dan untuk alamatKebun Sayur HH Farm, ada di Jalan Dr. Setiabudi nomor 6 Pamulang, Tangerang.

Gimana, pastikan untuk tertarik menanam sayur dan tanaman lain di rumah ya. Selain bermanfaat untuk kamu sendiri, mencintai sayuran dan tanaman dengan menanamnya di rumah juga akan membantu menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Selamat hari pohon juga untuk hari di tanggal 21 November. Agar lingkungan dan kamu selalu sehat, mulai dari menyukai hal-hal kecil seperti menanam dan mengonsumsi sayur hidroponik sendiri di rumah.



(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading