Sukses

Lifestyle

Tega, Australia Akan Bunuh 2 Juta Kucing Liar Untuk Lindungi Spesies Lokal

Banyak orang suka dengan kucing, hewan ini bahkan menjadi salah satu hewan paling banyak dipilih untuk dijaikian peliharaan oleh masyarakat. Namun sepertinya pemerintah Australia tidak sependapat dengan hal itu.

Bagaimana tidak, dikutip dari ibtimes.co.uk, pemerintah Australia membuat keputusan akan membasmi hampir 2 juta kucing liar hingga tahun 2020 untuk melindungi spesies lokal yang terancam punah.

Pihak berwenang memperkirakan bahwa proyek khusus yang berjalan selama lima tahun ini akan banyak membantu mencegah kepunahan dari 20 mamalia, 20 jenis burung dan 30 spesies tanaman lokal yang kini terancam punah.

Pihak pemerintah berkata bahwa lebih dari 80% spesies mamalia dan spesies 90% pohon, pakis dan semak belukar tidak ditemukan di Australia. lebih dari 130 spesies asli Australia ternyata telah punah di alam dan hal ini meresahkan pihak Australia untuk lebih menjaga alam.

Dan jalan yang dipilih adalah dengan memusnahkan sekitar 2 juta kucing-kucing liar. Greg Hunt, selaku menteri lingkungan Australia pun mengatakan bahwa kucing liar dianggap sebagai hama berbahaya dan perlu diburu dengan berbagai metode seperti misalnya menembak, memberi umpan dan meracun.

Diduga kucing-kucing liar tersebut telah membunuh hampir 75 juta spesies hewan asli Australia di alam setiap harinya. Pihak pemerintah pun juga menekankan bahwa bukan berarti dengan melakukan hal ini berarti mereka membenci kucing, namun tindakan pencegahan punahnya spesies lokal perlu digalakkan.

Meski memang tindakan ini menuai banyak kontroversi, namun pemerintah Australia tetap akan melakukan kebijakan ini hingga 5 tahun mendatang. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading