Sukses

Lifestyle

Tips Agar Motor Tetap Dalam Keadaan Baik Saat Ditinggal Mudik

Setiap momen lebaran tiba, mudik menjadi salah satu agenda wajib bagi mayoritas umat muslim di Indonesia. Berkumpul dengan semua keluarga di kampung halaman memang jadi momen yang dinantikan setiap tahunnya. Bagi para perantau yang meninggalkan motor saat mudik mungkin sering mengalami masalah. Motor seringkali susah dinyalakan atau mogok karena terlalu lama ditinggal. Well, kali ini Vemale akan mencoba menghadirkan beberapa tips yang bisa dilakukan ala Safety Riding Analyst Astra Motor, Michael Gerald Gozal agar motor tetap dalam keadaan prima setelah ditinggal mudik seperti yang telah dilansir oleh merdeka.com(14/7) berikut ini.

 

  • Pertama, usahakan agar meninggalkan sepeda motor dalam keadaan bersih dan kering. Ini sangat penting untuk menghindari karat selama ditinggal mudik.
  • Selanjutnya isi bensin dalam kondisi penuh atau bahkan kuras tangki sampai kosong. Ini berguna untuk menghindari karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang cukup lama.
  • Selanjutnya cabutlah aki motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tak dicabut maka aliran listrik akan terus mengalir sehingga aki bisa soak.
  • Simpan motor Anda di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan.
  • Berdirikan motor dengan standar ganda. Jangan lupa untuk memberi alas karton atau kayu pada permukaan ban karena ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes.
  • Kunci motor dengan aman dan tutupi motor dengan tudung motor.
  • Setelah kembali dan akan menghidupkan mesin jangan langsung digas Ladies. Ini karena oli masih belum bersirkulasi dengan sempurna. Hidupkan motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda sehingga saat kembali motor sudah bisa digunakan dengan lancar dan tidak mengalami masalah.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading