Sukses

Lifestyle

5 Tips Aman Dan Nyaman Selama Perjalanan Mudik Lebaran

Tidak terasa, lebaran tinggal beberapa hari lagi. Dan nampaknya, sudah semakin banyak orang yang hendak melakukan mudik untuk kembali ke kampung halaman dan berlebaran bersama keluarga tercinta. Karena ramainya kendaraan selama pekan mudik, tidak jarang jalanan menjadi sangat macet, kurang aman dan tidak nyaman.

Lalu, bagaimana agar acara mudik selalu aman dan nyaman? Berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar aman dan nyaman selama melakukan perjalanan mudik lebaran.

    Kesehatan Fisik

    Ketika Anda dan keluarga ingin melakukan perjalanan mudik lebaran, pastikan bahwa kondisi fisik sedang sehat dan jauh dari segala penyakit. Usahakan untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan fisik. Ketika tubuh sehat, dipastikan perjalanan mudik pun akan sehat, aman dan nyaman. Jika Anda atau keluarga ada yang sakit ketika hendak mudik, cobalah untuk menunda mudik dan pastikan untuk mudik saat kondisi fisik sudah kembali fit.

    Pastikan Keamanan Kendaraan

    Poin kedua yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan perjalanan mudik adalah kondisi keamanan dan kenyamanan kendaraan. Jika Anda mudik menggunakan angkutan umum, pilih angkutan umum yang nyaman dan aman. Tidak apa membayar sedikit mahal untuk kendaraan umum asalkan Anda sampai kampung halaman dengan selamat. Nah, jika Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk mengecek kendaraan Anda. Pastikan bahwa keadaan rem, mesin dan apapun itu di dalam kendaraan aman serta nyaman saat dikendarai. Kalau memang ada sesuatu yang perlu dibenahi, segera bawa ke bengkel untuk dibenahi.

    Uang

    Saat melakukan mudik, usahakan untuk membawa uang tunai secukupnya saja. Membawa uang tunai dalam jumlah banyak justru akan membahayakan Anda bersama keluarga. Sadar atau tidak, banyak pencopet dan penjahat di luar sana yang kapanpun bisa mencelakai Anda ketika mereka tahu bahwa Anda membawa uang tunai dalam jumlah banyak selama melakukan perjalanan jauh.

    Batasi Barang Bawaan

    Inilah masalah yang masih kerap terjadi pada para pemudik. Saking senang dan bahagianya hendak pulang kampung, tidak sedikit pemudik yang membawa barangĀ  bawaan berlebihan. Perlu kita tahu, barang bawaan yang berlebihan justru bisa membahayakan keselamatan Anda maupun keluarga. Agar perjalanan mudik aman dan nyaman, bawalah barang bawaan secukupnya dan yang paling penting saja.

    Bawa Bekal Makanan Dan Minuman

    Saat mudik dan melakukan perjalanan yang jauh, usahakan untuk membawa bekal berupa makanan maupun minuman seperlunya. Ketika Anda dan keluarga mulai lapar serta haus, bekal bisa mengobati lapar juga haus Anda. Tapi, jika Anda tak ingin membawa bekal, usahakan untuk melakukan istirahat jika dirasa telah lelah dan membeli makanan serta minuman di jalan.

Ladies, itulah beberapa tips aman dan nyaman saat melakukan perjalanan mudik. Selain tips di atas, hal lain yang perlu diperhatikan selama mudik adalah keselamatan selama di jalan. Jangan terlalu ngebut, hindari menyetir ketika mengantuk, konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi, pastikan alat komunikasi lancar dan pastikan untuk memiliki nomor bantuan darurat untuk jaga-jaga jika ada hal buruk yang terjadi di jalan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga perjalanan mudik lebaran Anda bersama keluarga selalu aman serta nyaman. Selamat menyambut lebaran bagi Anda yang merayakannya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading