Sukses

Parenting

6 Tips Ruangan Tetap Dingin dan Sejuk Meski Tanpa AC

Banyak orang yang menganggap menggunakan AC adalah sebuah keharusan saat tinggal di tempat beriklim panas. Namun penggunaan AC secara terus-menerus akan membuat tagihan Anda membengkak. Untuk menghemat pengeluaran Anda, berikut adalah 6 langkah tetap dingin tanpa AC seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.ca

    Halangi Sinar Matahari Mencapai Jendela

    Menciptakan rumah energi tergantung pada sistem shading yang dirancang dengan baik, karena cara terbaik untuk menghindari musim panas adalah dengan menghalangi sinar matahari mencapai jendela Anda. Solar-control film jendela juga dapat menawarkan perlindungan UV dan mengurangi jumlah panas yang diperoleh dari radiasi matahari. Dibandingkan dengan beberapa sistem shading rumit, ini bisa menjadi alternatif yang lebih murah. Bahkan layar bambu sederhana dan sangat murah dapat memblokir sebagian yang baik dari sinar matahari tanpa benar-benar mengorbankan siang hari.

    Tambahkan Interior Tirai atau Krepyak

    Setelah panas dari sinar matahari melewati kaca jendela, panas yang ada di rumah dan perlu berventilasi untuk melarikan diri. Untuk menjaga lantai dan dinding dari menyerap panas yang dari sinar langsung dan memancarkan sepanjang hari, dapat membantu untuk menambah lapisan perlindungan antara jendela dan massa termal utama rumah Anda. Tirai tipis adalah cara yang bagus untuk mengurangi sinar matahari langsung ke lantai tapi mempertahankan nuansa siang.

    Sirkulasi Udara Yang Lancar

    Usahakan ventilasi dalam rumah Anda cukup dan sirkulasi lancar. Karena dengan sirkulasi yang lancar juga akan menurunkan suhu rumah. Menggunakan kipas di langit langit atau kipas duduk maupun berdiri di dekat jendela pada malam hari dapat membantu gerakan udara saat tidak ada angin dan perbedaan suhu yang kecil.

    Matikan Peralatan Elektronik

    Untuk membantu menjaga temperatur yang lebih dingin di siang hari, kurangi apa pun yang menghasilkan panas di dalam rumah atau apartemen. Misalnya, tidak menggunakan pengering atau oven dan mencoba untuk tidak membuka lemari es terlalu sering. Semakin Anda membukanya, semakin motor harus bekerja untuk mendinginkannya lagi, dan panas yang dihasilkan dari pekerjaan yang akan dilepaskan kembali ke hunian Anda.

    Ubah Kebiasaan Tidur

    Gunakan sprei seperti linen atau 100% katun. Campuran sintetis tidak bernapas cukup untuk melepaskan semua panas kita menghasilkan pada malam hari. Agar sprei Anda tetap segar, terdapat trik lama dari AS selatan dengan memercikkan sedikit bedak bayi atau bedak biasa pada sprei Anda. Ini akan menyerap keringat saat Anda sedang tidur dan menjaga sprei Anda tetap terasa segar dan bersih.

    Tetap Terhidrasi

    Semua orang tahu bahwa terhidrasi di musim panas sangat penting. Tapi apakah Anda tahu bahwa air minum juga membantu mengatur suhu tubuh Anda?

 

Nah Ladies, itulah beberapa cara tetap merasa sejuk walau tanpa AC. Selain menghemat energi ini juga dapat menekan pengeluaran Anda lho!

 

 

 

 

 

 

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading