Sukses

Lifestyle

Penting! 5 Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Lebaran sebentar lagi, siap untuk mudik, nih! Eh, tapi sebelum mudik, pastikan Anda meninggalkan rumah dalam keadaan aman, ya. Maksudnya Anda harus memperhatikan dna melakukan beberapa hal untuk memastikan semua baik-baik saja saat Anda mudik.

Berikut ini ada lima tips yang perlu Anda perhatikan sebelum meninggalkan rumah saat mudik. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan Anda sendiri. Yuk, kita simak info lengkapnya di sini.

    Kabel dan Aliran Listrik

    Cek semua kabel dan stop kontak. Pastikan semuanya sudah dalam keadaan off. Anda bisa cukup menyalakan lampu teras atau lampu halaman saja. Semua barang elektronik yang ada di rumah juga perlu dicek. Pastikan tidak ada benda atau barang yang bisa memicu terjadi korsleting listrik atau kebakaran.

    Barang-Barang Berharga dan Hewan Peliharaan

    Simpan semua barang berharga di tempat yang paling aman dan terkunci rapat. Kunci tempat penyimpanan barang berharga itu pun sebaiknya Anda bawa serta. Kalau punya hewan peliharaan, ada baiknya dititipkan ke tempat penitipan hewan atau dititipkan ke tetangga atau kerabat yang tidak mudik. Kalau hewan dibiarkan di rumah tanpa perawatan apalagi makanan, wah kasihan nanti ia bisa-bisa tewas.

    Sampah dan Tempat Penampungan Air

    Penting untuk membereskan dan membuang semua sampah yang ada di rumah. Sebelum ditinggalkan, rumah harus dalam keadaan bersih dan rapi. Sehingga nantinya ketika pulang, Anda tak lagi berurusan dengan sampah-sampah ini. Tempat penampungan air seperti bak mandi atau bak caci sebaiknya dikosongkan, daripada nanti jadi sarang berkembang biak jentik-jentik nyamuk.

    Pintu dan Jendela

    Nah, ini juga penting. Pastikan semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat sebelum Anda mudik. Kalau pun ada lubang di rumah seperti saluran pembuangan, sebaiknya diganjal atau ditutup supaya nanti tak ada hewan atau kotoran yang masuk ke dalam rumah. Hindari menyimpan kunci rumah di pot, bawah keset, atau "tempat tersembunyi" di rumah, ya Ladies.

    Melapor ke Ketua RT/RW atau Menitip Pesan pada Tetangga

    Sebelum berangkat mudik, ada baiknya melapor ke ketua RT/RW terlebih dahulu. Supaya kalau terjadi sesuatu di rumah Anda, pihak yang berwenang bisa dengan mudah menghubungi Anda. Anda juga bisa menitip pesan pada tetangga. Atau minimal memberi kabar berapa lama Anda akan mudik. Jangan lupa berikan nomor ponsel Anda yang bisa dengan mudah dihubungi.

Oh ya, sebagai tips tambahan Anda bisa juga menaruh sepasang sepatu atau sandal di depan teras rumah. Ini bisa jadi trik untuk mengakali seolah-olah rumah yang Anda tinggalkan tidak benar-benar sepi dan tidak memancing kehadiran maling. Kalau Anda punya biaya lebih, Anda juga bisa memasang kamera CCTV di sudut-sudut rumah Anda.

Selamat mudik! Semoga perjalanan Anda nyaman dan selamat sampai tujuan, Ladies!

 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading