Sukses

Lifestyle

Tips Menghindari Kenakalan Kasir Saat Belanja di Minimarket

Ladies mungkin sudah sering mendengar adanya kasus-kasus kecurangan yang dilakukan penjaga kasir terhadap konsumen di beberapa minimarket. Dilansir oleh merdeka.com (8/7), kenakalan tersebut tak hanya sekali terjadi, banyak kasus curang yang dilakukan perusahaan ritel dengan menggenapi jumlah barang yang dibeli. Ini membuat Anda harus ekstra hati-hati saat berbelanja agar tak sampai tertipu.

Menanggapi hal ini pun ada beberapa tips dari Ketua Bidang Pengaduan YLKI, Sularsih agar tidak sampai menjadi korban dari penjaga kasir yang nakal atau curang. Yang paling utama adalah dengan memperhatikan jumlah barang yang dibeli sebelum meninggalkan minimarket.

"Kalau belanja, sebelum meninggalkan dilihat struk dan dihitung berapa item yang dibeli. Sesuai dengan harga di struk. Jika ada masalah bisa komplain saat itu, yang bisa dilakukan jangan tinggalkan tempat itu," ujarnya.

Jika perlu Anda juga harus mencari tahu apakah kasus kecurangan tersebut sering dilakukan atau hanya sekali saja. Jika memang sudah sering, maka konsumen bisa melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

"Kalau itu misalnya ada kasus yang sering terjadi dan dilakukan masif, perlu diduga masuk ke dalam ranah pidana. Laporkan ke berwajib! Ada sanksi yang harus diberikan kasir maupun manajemen," lanjutnya.

Selanjutnya Anda juga harus mengetahui perbedaan harga antara yang dipasang pada rak dan juga yang tertera pada kasir. Kondisi perbedaan harga ini memang kerap terjadi saat masa promosi sudah selesai namun informasinya tidak disampaikan pada konsumen atau si pegawai telat mengubah label harga.

Jadi pada dasarnya Anda harus ekstra hati-hati dalam memeriksa barang belanjaan yang sudah dibeli. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek struk dan menghitung kembalian Anda. Semoga bermanfaat ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading