Sukses

Lifestyle

Di Usianya yang ke-18, Gadis Ini Seperti Nenek 144 Tahun

Ladies, pernah terbayang di benak Anda apa jadinya jika penampilan fisik Anda 10 kali lipat lebih tua dari usia Anda sebenarnya? Mungkin kesannya mengada-ada, mana bisa seseorang bisa terlihat ratusan tahun lebih tua dari usia aslinya? Tapi ternyata hal ini benar-benar kejadian di dunia nyata. Seorang gadis di Filipina mengalami hal tersebut.

Ana Rochelle Pondare, ia memang bukan gadis biasa. Ia berbeda dari teman sebayanya. Dilansir dari dailymail.co.uk, ia menderita kondisi genetik yang langka, namanya progeria. Hal ini menyebabkan tubuhnya lebih tua 10 kali lipat dibanding usia aslinya. Di usianya yang baru 18 tahun, dokter mengatakan kalau tubuhnya sudah seperti nenek usia 144 tahun.

Sebagian besar penderita progeria meninggal di usianya yang ke-14 tahun. Namun, Ana telah berhasil melewatinya, ia tetap terlihat sehat di usianya yang ke-18 tahun. Nah, di hari ulang tahunnya yang ke-18, ada perayaan khusus yang dibuat. Sebuah pesta diadakan dan Ana bisa mengenakan gaun ala putri dongeng dengan mahkota cantik. Tak hanya itu, ia juga berhasil bertemu dengan idola pujaannya, seorang penyanyi sekaligus aktris papan atas, Sarah Geronimo.

Ana bertemu idola pujaan hati, Sarah Geronimo di hari ulang tahunnya yang ke-18. | Foto: copyright dailymail.co.uk

"Aku bukan gadis yang utuh," ucap Ana pada CNN iReport tahun 2011. Dokter juga sudah memberitahunya kalau ia akan mengalami penuaan dini dan harapan hidupnya singkat, bahkan diperkirakan ia hanya mampu bertahan hingga berusia 15 tahun.

Menurut Progeria Research Foundation, hanya ada 80 anak di seluruh dunia yang mengidap progeria. Dan di Filipina sendiri, tercatat dua kasus yang mengidap progeria ini. Progeria sendiri merupakan penyakit penuaan dini. Penyebabnya adalah mutasi atau perubahan gen. Sejenis protein berbahaya bernama progerin menempel di dinding-dinding sel, hal tersebut yang membuat Ana memiliki tubuh seperti seorang nenek padahal ia masih seorang gadis remaja belia. Namun, penyakit ini bukan jenis penyakit turunan dan tidak menular.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Dokter bedah Dr. Pierre R. Clero membantu Ana meningkatkan harapan hidupnya melalui pemberian pola makan khusus dan krim untuk kulitnya.

Meski Ana berbeda dari gadis remaja kebanyakan, ia tetaplah terlihat bahagia di hari ulang tahunnya. Dengan gaun cantik ala putri dongeng, ia masih bisa tersenyum menghadap kamera. Selamat ulang tahun ya Ana! Semoga panjang umur dan bahagia selalu.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading