Sukses

Lifestyle

Awas Salah Gestur, Bisa Jadi Anda Malah Memicu Masalah Di Negara Ini

Jika Anda mengenal bahasa secara verbal atau kata-kata yang diucapkan secara lisan, maka jangan tinggalkan bahasa tubuh dengan gerakan. Bahasa gerakan atau gestur tubuh bisa dibaca dan punya arti tertentu, dan bisa jadi setiap negara memiliki arti berbeda dengan gestur tertentu.

Seperti dikutip dari designtaxi.com, ada beberapa negara yang memandang sebuah gesture sebagai tindakan tidak sopan atau menghina dan lain sebagainya. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut ini.

Copyright by designtaxi.com

Dalam gambar di atas, ada dua gestur tangan yang dianggap tidak pantas. Yang pertama adalah mengusap dagu ke atas dengan tangan. Bagi negara Belgia, Perancis, Itali Utara dan Tunisia, berarti "Pergilah" dalam arti kata yang sangat kasar. Gestur seperti ini biasanya digunakan saat bertengkar, beda pendapat dan sebagainya yang melibatkan emosi kemarahan atau kejengkelan.

Sedang kan gambar yang kedua, adalah menggenggam tangan dengan menyelipkan ibu jari di antara jari telunjuk dan jari tengah. Di negara kita, Indonesia, negara Turki serta Rusia, gestur ini sangat tidak sopan karena menunjukkan organ intim wanita atau menunjukkan adegan tidak pantas semacam seks.

Copyright by designtaxi.xom

Gestur ketiga yang jangan Anda lakukan di negara Perancis, Eropa Selatan dan Brazil adalah mengangkat lengan dengan mengepalkan tangan serta memukul lengan dengan tangan lainnya. Bahasa tubuh ini dapat diartikan Anda sedang mencari masalah atau menunjukkan jari tengah yang berarti "F*** you" dan lain sebagainya.

Pada gambar keempat, adalah menunjukkan telapak tangan Anda ke depan ke arah lawan bicara. Di negara Yunani, Mexico, Afrika dan Timur Tengah, ini berarti menolak lawan bicara dengan kasar. Dengan makna, "talk to the hand" atau bicara lah pada tangan. Dengan kata lain, Anda tidak menghargai lawan bicara Anda.

Copyright by designtaxi.com

Sedangkan di India dan Pakistan, jangan pernah melakukan gestur seperti menggenggam tangan dengan menunjukkan jempol, apalagi sambil menggigit jempol. Secara umum, ini berarti “F*** you” atau secara kasar mengusir dan berkata tidak pantas ke lawan bicara.

Lain lagi di negara-negara Arab dan di kepulauan Karibia, jangan menunjukkan gestur telunjuk tangan kiri ke arah tangan kanan bersamaan. Karena ini berarti menghina dengan mengatakan, (maaf) “Ibumu pelacur” dan ini sangat tidak pantas dilakukan dan jelas sekali Anda memancing masalah dengan melakukan gestur ini.

Ada banyak lagi gestur yang tidak sopan yang perlu Anda hindari. Jadi, jika kebetulan sedang bepergian ke negara-negara tersebut, jangan sampai melakukan hal ini ya. Komunikasi yang baik itu penting sekali ketika Anda tidak mengerti bahasa di sebuah negara, apalagi dengan bahasa tubuh. 

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading