Sukses

Lifestyle

Menyontek Paling Ekstrim, Orang Tua Beri Jawaban Sambil Memanjat Dinding Sekolah

Orang tua selalu melakukan yang terbaik untuk anak-anaknya, namun tak selamanya apa  yang dilakukan orang tua bisa menjadi contoh yang baik. Wajar jika orang tua menginginkan anaknya lulus dengan nilai baik, namun saat para orang tua nekat memberi contekan jawaban, hal tersebut dianggap sangat memalukan.

Foto: copyright telegraph.co.uk

Sebuah video membuat geger pemerintah India, khususnya Departemen Pendidikan. Dalam video tersebut diperlihatkan para pria yang merupakan orang tua siswa memanjat dinding luar sekolah setinggi lima lantai untuk memberikan jawaban ujian. Para orang tua nekat mempertaruhkan nyawa demi bisa melempar jawaban untuk anak mereka, sehingga diharapkan upaya itu membuat anak-anak lulus dengan nilai yang bagus, dilansir oleh telegraph.co.uk.

Foto: copyright telegraph.co.uk

Peristiwa tersebut terjadi di bagian timur wilayah Bihar, India. Sebanyak 600 siswa dilaporkan telah dianggap gagal dalam ujian karena kedapatan menyontek, baik dari hasil jerih payah orang tua atau karena mereka membawa buku catatan saat ujian. Mereka berdalih butuh contekan karena para guru tidak mengajarkan apa-apa.

Foto: copyright telegraph.co.uk

Kata pak menteri: Apa kita boleh menembak mereka?

Menteri Pendidikan India, P.K. Shahi geram dengan aksi ini. "Ini adalah tanggung jawab masyarakat untuk memastikan ujian bebas dari kecurangan. Saya menghimbau kepada para orang tua dan wali untuk menghentikan kecurangan dengan membantu mereka memberi jawaban. Bantulah kami untuk memastikan hasil ujian bersih dan adil,"

"Program pemerintah (dalam bidang pendidikan) tidak akan maksimal jika para orang tua tidak bisa diajak bekerja sama. Apakah pemerintah boleh memberikan perintah untuk menembak mereka?" lanjut sang menteri.

Video: copyright youtube.com/Breaking News Only

Protes keras itu menunjukkan bahwa apa yang dilakukan para orang tua sangat tidak pantas. Jika mereka melakukan kecurangan, anak-anak mereka akan menganggap kecurangan adalah hal yang diperbolehkan. Yang pasti, peristiwa ini dianggap telah mencoreng nama India, terutama sistem pendidikannya. Pemerintah India berjanji untuk lebih mengamankan proses ujian di berbagai tingkat pendidikan. Beberapa orang tua bahkan telah diamankan.

Jadikan kisah ini sebagai pelajaran. Nilai bagus memang jadi kebanggaan. Namun apalah arti kebanggaan jika ada kecurangan di dalamnya, apalagi dilakukan oleh para orang tua.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading