Sukses

Parenting

Penyesalan Ibu Yang Melahirkan Bayi Tidak Normal Karena Sering Mabuk Saat Hamil

Semua orang tentu tahu bahwa minuman beralkohol sangat berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan seseorang. Perlu Anda tahu, selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, minuman yang mengandung alkohol juga sangat berbahaya bagi tumbuh kembang janin dalam rahim seorang wanita. Beberapa hasil study menyebutkan bahwa minuman yang mengandung alkohol bisa mengganggu tumbuh kembang janin bahkan bisa memicu kecacatan bagi janin saat lahir.

Bahaya minuman beralkohol telah dirasakan oleh seorang ibu bernama Sam asal Inggris. Dilansir dari laman metro.co.uk, karena terlalu banyak minum saat hamil, buah hatinya bernama Stanley (11) didiagnosis menderita FASD (Fetal Alkohol Spectrum Disorder). Sindrom ini membuat bocah 11 tahun tersebut mengalami kelainan di otak sehingga menjadikannya upnormal dan kesulitan berkomunikasi. Karena kelainannya inilah, Stanley dikatakan tidak bisa menjalani hidup normal seperti anak-anak pada umumnya.

Sam, sang ibu yang mengira minuman beralkohol baik untuk janinya | Photo: Copyright metro.co.uk

Kelainan yang terjadi pada Stanley sendiri terjadi karena pengaruh minuman beralkohol yang dikonsumsi sang ibu selama mengandung. Sang ibu yang tidak lain adalah Sam mengatakan bahwa "Saya tidak tahu jika minuman beralkohol jenis Guinness dan Brendi berbahaya bagi bayi saya di kandungan. Saya pikir, Guinness justru baik baginya. Inilah yang membuat saya tidak bisa berhenti konsumsi minuman beralkohol saat hamil'."

"Dokter pernah bilang bahwa konsumsi minuman beralkohol akan mengganggu janin saya, namun dia tidak bilang kalau akan berbahaya dan membuat Stanley mengalami kelainan seperti ini. Saya sangat menyesal karena tidak bisa mengontrol keinginan saya untuk konsumsi minuman alkohol." Tambah Sam.

Stanley, didiagnosis FASD (Fetal Alkohol Spectrum Disorder) sejak usia 2 tahun | Photo: Copyright metro.co.uk

Stanley didiagnosis FASD sejak dia berusia 2 tahun. Dokter yang mendiagnosisnya mengatakan bahwa bahaya minuman alkohol lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahaya heroin dari rokok dan kafein dari kopi bahkan lebih tinggi dari narkoba.

Sam mengaku sangat menyesal dengan apa yang ia lakukan dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama nantinya. Ia mengaku sangat menyayangi Stanley bagaimanapun keadaannya dan akan mencoba melakukan yang terbaik untuk buah hati tunggalnya tersebut.

Ladies, jika Anda sedang hamil, pastikan untuk selalu konsumsi makanan sehat dan bernutrisi bagi tubuh Anda maupun tubuh buah hati Anda. Hindari apapun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan janin termasuk menghindari minuman beralkohol serta apapun yang mengandung kafein, nikotin juga heroin.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading