Sukses

Lifestyle

Tiga Mahasiswa Muslim Ditembak Menjadi Duka di Seluruh Dunia #ChapelHillShooting

Sebuah peristiwa tragis dan mengejutkan, terjadi pada Selasa 10/02/2015 jam 5.11 di Chapel Hill, North Carolina, Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari independent.co.uk, tiga orang mahasiswa muslim berprestasi bernama Deah Shaddy Barakat (23), bersama istrinya Yusor Mohammad Abu-Salha (21), dan adik perempuannya, Razan Mohammad Abu-Salha (19) menjadi korban penembakan yang dilakukan oleh tetangganya sendiri, yang bernama Craig Stephen Hicks (46).

Korban penembakan Chapel Hill dari kiri ke kanan: Deah Shaddy Barakat,(23), istrinya, Yusor Mohammad,(21), dan adiknya, Razan Mohammad Abu-Salha,(19)| foto: copyright facebook.com/ourthreewinners

Pada Selasa pagi yang tenang itu, para korban ditemukan ditembak mati pada bagian kepala, di rumah mereka, kawasan Chapel Hill, North Carolina, AS.

Hicks, langsung ditangkap dan dikenai tuduhan pembunuhan tingkat pertama.

Deah Shaddy Barakat | foto: copyright facebook.com/yabusalha

Polisi wilayah Chapel Hill memberikan pernyataan, jika penembakan tersebut, dikarenakan persengketaan atas lahan parkir. Namun, polisi masih menyelidiki motif tersembunyi dibalik penembakan tersebut.

Ayah dari Yusor, Dr Mohammad Abu-Salha, yang memiliki praktek psikiatri di Clayton, mengatakan jika, ia percaya bahwa penembakan itu didasarkan pada agama dan budaya para korban. " Ini bukan sengketa tempat parkir, ini adalah kejahatan rasial," katanya.

Yusor Mohammad Abu-Salha | foto: copyright facebook.com/yabusalha

Kepala kepolisian Chapel Hill, Chris Blue, mengatakan jika peristiwa penembakan itu sangat tragis dan tak masuk akal. Tak bisa dibayangkan, bagaimana perasaan para keluarga dan teman-teman korban saat ini.

Deah Shaddy Barakat, adalah mahasiswa kedokteran gigi di Universitas North Carolina, dia juga penggemar olahraga basket dan sepakbola. Ia dikenal sebagai orang yang berjiwa penolong. Dengan sukarela, dirinya menyediakan perawatan gigi gratis bagi anak-anak di Palestina.

Razan Mohammad Abu-Salha | foto: copyright facebook.com/razan.abusalha

Deah dan Yusor, menikah kurang dari dua bulan yang lalu, pada akhir Desember 2014. Yusor, berencana untuk kuliah kedokteran gigi di Universitas North Carolina, pada tahun ini.

Sementara Razan, yang memiliki minat pada fotografi dan seni, adalah mahasiswi arsitektur dan desain lingkungan di Universitas North Carolina, dan baru memulai kuliahnya pada tahun lalu.

Foto pernikahan Deah dan Yusor, akhir Desember 2014 | foto: copyright facebook.com/ourthreewinners

Sebuah halaman Facebook fans page, dibuat untuk mengenang ketiganya, dalam facebook.com/ourthreewinners. Sudah ada hampir 90 ribu orang yang memfollow akun Our Three Winners ini, untuk menunjukkan simpati mereka.

Peristiwa ini menjadi trending topik di twitter dengan hastag #ChapelHillShooting #MuslimLivesMatter #MediaHypocrisy. Hampir semua orang mengecam kasus penembakan ini. Namun, media barat seakan tidak adil dalam menanggapi kasus ini, dan berkesan bias sebelah.

Deah dan Yusor, pasangan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi | foto: copyright facebook.com/ourthreewinners

Jenazah mereka, akan dikebumikan pada hari ini setelah sholat dzuhur diĀ  masjid Islamic Association of Raleigh, North Carolina,AS, menurut akun FB Our Three Winners.

Hicks sendiri, digambarkan sebagai seorang pendukung atheis, yang sering memposting masalah anti-agama pada akun Facebooknya.

Deah (berbaju biru), saat melakukan misi kemanusiaan untuk kesehatan gigi, bersama tim  United Muslim Relief | foto: copyright  facebook.com/ourthreewinners

Pada postingan status terakhir akun Facebook Deah, tanggal 29 Januari, ia mengatakan bahwa dirinya membantu menyediakan pasokan perawatan gigi gratis bagi 75 orang tunawisma di pusat kota Durham, Inggris.

Deah dan Yusor, sebelumnya telah mengorganisir sebuah acara penggalangan dana online untuk bantuan perawatan gigi bagi pengungsi di Suriah. Sumbangan ini, sebelumnya telah terkumpul 15.000 dollar AS atau setara dengan Rp 191 juta. Hingga saat ini bantuan terus mengalir, total mencapai 23.000 dollar AS atau sekitar Rp 294 juta.

Video tentang program amal kesehatan gigi yang dibentuk oleh Deah, bisa Anda saksikan di bawah ini.

video: copyright youtube.com/ Deah Barakat

pelaku penembakan, Craig Stephen Hicks | foto: copyright dailymail.co.ukPada musim panas tahun ini, Deah, merencanakan perjalanan ke Turki, untuk mengobati anak-anak pengungsiĀ  perang saudara.

akun Facebook Craig Stephen Hicks, yang pro atheis | foto: copyright dailymail.co.uk

Saat ini seluruh dunia pun berduka dan mengecam keras aksi penembakan sadis tersebut. Kita doakan semoga ketiga korban #ChapelHillShooting diterima semua amal ibadahnya oleh Tuhan dan diberikan tempat terbaik di sisiNya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan perlindungan.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading