Sukses

Lifestyle

Yonna Kairupan, Si Cantik Yang Piawai Merias Berbagai Karakter Seram

Ladies, mungkin Anda sering menonton film horor dengan para aktor dan aktris yang wajah atau tubuhnya dirias zombie, vampir, hantu-hantu dan masih banyak lagi lainnya.Tahukah Anda bahwa untuk membuatnya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ya, dibutuhkan skill dan juga permainan imajinasi agar hasilnya luar biasa bagus.

Dan kali ini Vemale telah bertemu dengan salah satu orang yang bertangan dingin yang mampu membuat berbagai riasan seram ala zombie. Yonna Kairupan adalah seorang Special Effect Make Up Artist. Yonna sangat menikmati profesinya yang bisa dibilang masih sangat jarang di Indonesia.

Yonna sendiri mengaku tidak ada kesulitan dalam membuat tekstur secara detail pada setiap karakter atau tokoh. Asalkan tidak berhenti mengeksplor kemampuan dan kreatifitas dalam berimajinasi. Justru baginya sangat sulit mendapatkan bahan-bahan yang berkualitas di Indonesia.

"Terkadang kita lupa kalau terjun di make up itu harus ada unsur kesehatan dan kebersihan, saya lihat banyak yang harus dibenahin, kesulitan di Indonesia bahan-bahannya, sehingga nggak aman untuk kulit. Kalau saya import dari luar dan lebih mahal. Maka ketika orang mengajak kerjasama dengan kita hanya dibayar dengan nasi kotak padahal itu kan ada biayanya, latexnya, brushnya," curhat Yonna kepada Vemale di Tebet Green Jakarta Selatan Sabtu, 10 Januari 2015.

Karena wanita ini memulai karirnya sebagai make up artist di kecantikan, Yonna sangat memahami betul bahan-bahan yang aman dikulit. Sehingga efek darah pun ia racik sendiri.

Foto: copyright vemale.com

"Saya ingin bahan yang aman jadi untuk darah-darah itu saya racik sendiri, kalau darahnya termakan sangat aman. Bahan yang diimport dari Amerika kadang dari Singapore, bahan darah juga import tapi kita racik sendiri," jelasnya.

Menurutnya untuk membuat tekstur zombie ada 3 tahapan, yaitu infected, medium dan gor. Dan yang paling susah adalah efek pada bagian infected. Dimana ia harus pas saat membuat shading  zombie.

"Infected itu yang baru tertular baru mau berubah, kalau medium udah agak lama pendarahan sudah agak lama ada yang kelupas-kelupas, kalau yang gor mau hancur. Make up artis special effect yang susah itu infected dan yang gor itu malah lebih mudah," paparnya.

"Infected itu main shading kalau over make up itu malah jadi terlihat gosong jadi harus pas shadingnya. Pengalaman pertama di lapangan kalau buat infected pasti gosong," tambah Yonna.

Foto: copyright vemale.com

Baginya karakter mistis di Indonesia lebih mudah dibuat ketimbang karakter dari luar negeri. Misalnya, pocong hanya putih dan shading saja, justru buat Yonna yang paling tertantang adalah membuat zombie karena bertekstur.

Luar biasa sekali ya Ladies, well apakah Anda tertarik ingin mencoba tantangan baru seperti special effect make up artist seperti Yonna?

(vem/yun/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading