Sukses

Lifestyle

Kapal Kargo The Hoegh Osaka Kecelakaan Dan Hampir Terbalik

Seperti yang kita tahu, kecelakaan bukan hanya terjadi di darat dan udara saja, namun juga sering terjadi di laut. Kali ini kecelakaan di laut dialami oleh kapal kargo The Hoegh Osaka yang hampir tenggelam dan terbalik di dekat pelabuhan Southampton sabtu malam (3/01/2012). Kecelakaan ini terjadi tepatnya di area Bramble Bank di Solent dekat Isle of Wight, Pelabuhan Southampton Inggris Raya.

Kapal kargo The Hoegh Osaka miring karena kecelakaan | Phptp: Copyright dailymail.co.uk

Dilansir dari dailymail.co.uk, kapal kargo dengan berat 52 ribu ton tersebut hampir terbalik dengan kemiringan 52 derajat. The Hoegh Osaka bermuatan mobil sebanyak 1.400 unit dan beberapa diantaranya adalah mobil mewah jenis Rolls Royce dan Bentley. Selain itu, kapal kargo ini juga membawa 80 unit mesin pembangkit pertanian serta mesin bangunan.

Meskipun mengalami kecelakaan dan hampir terbalik, The Hoegh Osaka berhasil dievakuasi dengan baik. Tidak ada tumpahan minyak di laut sekitar terbaliknya kapal dan ke 25 awak kapal berhasil diselamatkan. Beberapa awak kapal mengalami patah tulang dan luka-luka, namun dalam kecelakaan kapal kargo ini tidak terdapat korban jiwa.

Penyebab kecelakaan ini adalah terjadinya kesalahan teknis saat berlayar ketika meninggalkan Pelabuhan Saouthampton. Kapal yang dibuat pada tahun 2000 tersebut membelok tajam ke kiri saat melintas di Bramble Bank, dan inilah yang menjadi penyebab kargo seberat 25 ribu ton ini mengalami kecelakaan dan hampir terbalik.

Kapal ini memiliki berat 25 ribu ton | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Operasi penyelamatan dilakukan dengan menggunakan kapal kecil dan sekoci serta helikopter tim penyelamat dari pelabuhan maupun pihak kepolisian setempat. Meskipun kapal hampir terbalik, peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan alam sekitar. Tidak ada tumpahan minyak di sekitar tempat kejadian kecelakaan.

Dari hasil penyelidikan, kecelakaan ini dinyatakan murni terjadi karena kesalahan teknis. Pada saat kecelakaan, gelombang air laut normal dan cuaca juga cerah seperti biasanya. Semoga saja kecelakaan seperti ini tidak pernah terjadi lagi ya Ladies.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading