Sukses

Lifestyle

Kasihan, Beli Handphone Dapat Stik Kayu

Kehatian-hatian dalam membeli barang secara online sangat perlu dilakukan, ini menjaga supaya Anda tidak rugi. Jika tidak bisa-bisa bernasib sial karena tertipu.

Nasib apes menimpa Darshan Kabra seorang pria asal Pune, India. Niatnya membeli dua buah handphone merek iPhone, tetapi malah dapat potongan stik kayu di dalamnya. Tak ada handphone di dalamnya!

Akibat kejadian penipuan yang dialaminya ini, Kabra mengaku menderita kerugian sekitar 40,508 rupee atau sekitar Rp 7,9 juta. Seperti dilansir dari emirates247.com, Kabra mengaku memesan dari toko online yang sangat terkenal dan terbesar di India yaitu, Snapdeal.com.

Setelah diusut ternyata agen pengantar paket kiriman lah yang mencuri ponsel itu. Si pencuri lalu menukarnya dengan potongan stik kayu. Siapa yang salah kalau begini?

Toko online di India memang terus meningkat belakangan ini. Tapi selalu ada saja pelanggan yang dirugikan, seperti Kabra. Masalahnya juga mirip. Terkait pengiriman paket, pekerja yang kurang profesional, tidak tepat waktu dan sejenisnya.

Paket berisi stik kayu | foto: copyright emirates247.com

Untungnya Kabra memilih pembayaran ‘Cash On Delivery’ sehingga saat diketahui paket itu palsu, ia tidak memberikan uangnya kepada kurir. Kabra bahkan memberikan surat kepada kurir tersebut untuk disampaikan kepada toko online tempatnya bekerja. Dalam surat itu Kabra berkata jika biasanya, kurir pengirim tidak membiarkan siapa pun membuka kotak tanpa pembayaran. Namun saya bersikeras membuka sebelum menyerahkan uang tunai. Karena itu adalah pembayaran di tempat dirinya selamat dari kerugian.

Kasus penipuan di dunia online terjadi karena perilaku pengguna media online yang kurang hati-hati. Layaknya transaksi di dunia nyata, transaksi di dunia maya pun memerlukan kehati-hatian, seperti kejelasan dengan siapa kita sedang bertransaksi. Tetap waspada ya Ladies!

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading