Sukses

Lifestyle

Makna Warna Warni Natal

Ladies, dalam ibadah umat Kristiani, warna merupkan simbol yang masing-masing memiliki maknanya tersendiri. Warna-warna tersebut bisa Anda temukan sebagai akseseori pakaian liturgi Imam, Prodiakon, Mesdinar, hingga dekorasi altar Gereja.

Lima warna dasar yang digunakan dalam tata warna liturgi Ekaristi antara lain putih, merah, hijau, ungu dan hitam. Selain Ekaristi, Natal juga identik dengan merah, hijau, dan putih. Yuk cari tahu maknanya di sini!

Merah

Dalam perayaan Natal, warna merah melambangkan darah Yesus (pengorbanan Yesus) dan sebagai simbol energi, kehangtan dan cinta karena Natal juga menjadi momen berkumpul dengan orang-orang tercinta. Warna merah juga identik dengan semangat, kebebasan, keberanian dan pengorbanan. Sebagai tata warna liturgi, warna merah merupakan lambang Roh Kudus yang penuh kekuataan dan kesetiaan. Nah, Anda bisa melihat warna merah menghiasi pohon Natal, hadiah Natal, konstum Santa Klaus dan masih banyak lagi.

Hijau

Warna ini merupakan simbol kehidupan abadi Yesus dan harapan atas sesuatu yang baru. Warna ini seringkali diwakili oleh pohon Natal yang juga melambangkan kehidupan dan kelahiran kembali (kebangkitan Yesus). Hijau juga merupakan simbol penyembuhan, pengharapan, dan pertumbuhan iman. Sebagai tata warna liturgi, hijau adalah warna hidup baru, masa depan, harapan dan keremajaan. Saat Natal, warna hijau dirangkai bersama dengan warna merah seperti yang biasa Anda temukan pada pojon Natal dan berbagai hiasannya.

Putih

Saat Natal warna putih akan juga banyak terlihat dalam dekorasi Natal. Ada pada janggut Santa Klaus, dan jug salju di negara yang sedang mengalami musim dingin. Putih identik dengan kesucian, ketenangan, harapan terang, spiritual dan pengampunan. Putih juga sering dilambangkan sebagai cahaya Ilahi lewat cahaya lilin,  yang melambangkan peran para malaikat dan orang-orang suci Kristiani sehingga juga dimaknai sebaga kekudusan dan kemurnian. Putih juga merupakan lambang kebangkitan. Pada pohon Natal, warna putih atau perak diharapkan memberikan aura kesabaran dan kelembutan bagi seluruh keluarga.

Nah, sudahkan Ladies menyiapkan warna-warni cantik penuh makna ini dalam berbagai elemen Natal Anda tahun ini? Coba juga resep kaya warna merah-hijau-putih dalam Video Resep Es Merah Hijau.

(vem/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading