Sukses

Parenting

Serunya Mainan Masa Kecil, Dari Lompat Tali Sampai Main Engklek

Serunya mainan masa kecil anak-anak tahun '90-an pasti banyak yang merasakan. Selain saat itu tidak banyak gadget seperti jaman sekarang, juga ada banyak permaiann di luar ruangan bersama teman-teman. Adrenalinenya tuh, lebih kerasa kan? 

Ada beberapa permainan seru yang akan Vemale bahas kali ini. Permainan-permainan ini cukup populer di Indonesia. Sering dimainkan saat jaman sekolah dulu. Kangen kan nostalgia lagi? 

Nah, yuk siapkan diri untuk mengenang serunya kejar-kejaran dan bermain di luar rumah saat masih kecil. 

(vem/gil)

Main Kasti

Permainan kasti disebut juga rounders. Dalam permainan ini kita harus melewati beberapa pos yang disebut juga pal. Biasanya ada beberapa pal dalam permainan ini.

Permainan kasti ini seru banget, mirip dengan baseball namun lebih menantang karena semua dilakukan dengan tangan terbuka. Sensasi kejar-kejaran dan mengenakan bola pada pemain yang diincar akan menjadi salah satu kepuasan tersendiri. 

Sering sekali anak SD di jaman '90-an emmainkan game ini. Anda juga? 

Lompat Tali Karet

Kalau dipikir-pikir, jaman dulu kita menguntungkan banyak pengusaha karet untuk permainan ini. Karena lompat tali banyaknya dilakukan dengan menggunakan karet. 

Karet-karet ini disusun dan dijalin sedemikian rupa sehingga bisa memanjang dan keriting. Kita harus melewati level selutut, sepinggang, hingga setinggi ubun-ubun. 

Mainan lompat tali banyak dilakukan oleh anak perempuan. Aturannya kalau melompat, kaki tidak boleh kena tali karetnya. Yang lucu dari permainan ini adalah, munculnya berbagai 'jurus' melompat dari teman-teman. Ada yang salto, loncat indah, bahkan ada juga yang seperti lompat batu Nias. 

Main Kartu Remi

Permianan kartu sebenarnya sangat beragam dan dimainkan di semua level usia. Namun saat kita kecil, permainan remi atau 4-1 adalah salah satu permainan yang banyak dilakukan. 

Deg-degan bila kita banyak 'minum' saat main kartu, alias harus mengambil kartu demi mendapatkan kartu yang sesuai. Tapi, jangan khawatir karena kalau Anda beruntung dan pandai menyimpan kartu, Anda bisa memenangkannya. 

Yang kalah, siap-siap dibubuhi bedak atau dicoret-coret dengan lipstik. 

Petak Umpet

Petak umpet adalah permainan sederhana yang sering dimainkan anak-anak waktu kecil. Salah satu menghitung sambil tutup mata, sementara yang lain akan berhamburan untuk mencari tempat sembunyi. 

Teman yang gesit akan pintar mencari tempat yang strategis dan mengendap-endap untuk menepuk tangannya di tempat anak yang menghitung. Ada juga yang iseng, bukannya sembunyi malah sudah berdiri diam di belakang si penghitung. 

Kalau sudah begitu, mudah saja baginya untuk tidak jadi penghitung berikutnya. Ah, isengnya masa kecil. 

Gobak Sodor

Gobak Sodor termasuk permainan tradisional yang seru dan melibatkan banyak anak. Adegan kejar-kejarannya itu lho bikin tegang dan menggemaskan. 

Gobak Sodor adalah salah satu permainan luar ruangan yang mengingatkan kita bahwa masa kecil dulu banyak permainan seseru itu. Yang membuat kita tidak sabar menunggu jam main setelah pulang sekolah atau saat istirahat sekolah. 

Engklek

Engklek adalah salah satu permainan favorit anak perempuan. Tapi, ada juga anak laki-laki yang kadang malah lebih tangkas memainkan permainan tradisional ini. 

Dibutuhkan ketangkasan dalam melompat dan melompati area yang tidak boleh dilompati. Di beberapa negara, permainan ini tak hanya berbentuk petak-petak kotak saja. Ada juga yang bentuknya melengkung dan lebih menantang. 

Tantangan lainnya dari engklek adalah tidak boleh menginjak garis. Kadang sepatu atau sandal kita tak sengaja menginjaknya. Itulah mengapa beberapa anak memilih untuk main tanpa alas kaki. Atau, kalau sudah terlanjur menginjak, ada yang suka ngeles kalau garis batasnya samar-samar Hayoo, siapa dulu sering main ini? 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading