Sukses

Lifestyle

9.000 Ribu Orang Ramai-Ramai Bikin Kimchi Seberat 265 Ton di Seoul

Di Korea Selatan, membuat kimchi itu tidak hanya sebatas mengikuti resep saja. Ada semangat berbagi dan juga identitas masyarakat dalam pembuatan kimchi ini. Pembuatan dan pembagian kimchi ini, yang dikenal dengan sebutan "kimjang", telah menjadi bagian dari masyarakat Korea Selatan dari generasi ke generasi.

Baru-baru ini, seperti yang dilansir oleh korea.net, kota Seoul baru saja menyelenggarakan festival kimchi yang meriah, 2014 Seoul Kimchi Making & Sharing Festival. Festival yang diselenggarakan mulai tanggal 14 hingga 16 November tersebut diadakan mulai dari Seoul Plaza hingga Balai Kota. Pejabat-pejabat tinggi juga hadir dalam festival tersebut. Tapi yang lebih mengesankan adalah adanya dibuatnya ratusan ton kimchi oleh ribuan sukarelawan.

Anak-anak dari berbagai negara ramai-ramai mencampurkan bahan-bahan untuk membuat kimchi. | Foto: copyright korea.net

Awalnya ada sekitar 2.300 sukarelawan yang membuat 130 ton kimchi. Kemudian pada tanggal 14-16 November, ada sedikitnya 3.000 turis yang ikut bergabung. Kemudian pada tanggal 16 itu juga ada sekitar 2.000 turis asal China yang ikut terjun dalam proses pembuatan kimchi. Hingga pada akhirnya ada lebih dari 9.000 orang yang membuat kimchi dalam waktu tiga hari dan menghasilkan 265 ton kimchi. Wow! Benar-benar luar biasa ya.


265 ton kimchi yang telah menghabiskan 130.000 butir kol tersebut kemudian disumbangkan ke orang-orang miskin yang membutuhkan. Festival itu pastinya menarik perhatian ribuan orang di sekitar. Banyak yang datang ke festival itu untuk bisa mencicipi kimchi yang masih segar. Orang-orang tersebut datang ke festival ini bukan hanya untuk mencicipi kimchi lezat, tetapi juga untuk bisa merasakan "jeong" atau yang bisa diartikan sebagai ungkapan cinta, kedekatan, simpati, dan sifat berbagi manusia.

Banyak pembuat kimchi yang bukan asli orang Korea. Mereka mengungkapkan rasa bahagianya karena telah menjadi bagian dari acara "kimjang". Berkumpul dengan banyak orang dan melakukan sesuatu yang bis bermanfaat untuk orang banyak memang benar-benar menyenangkan.

Oh iya, yang lebih unik lagi adalah penataan meja-meja dalam festival ini. Meja-meja tersebut ditata sedemikian rupa sehingga bisa membentuk hati. Untuk lebih jelasnya, langsung intip saja galeri foto di bawah ini.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading