Sukses

Lifestyle

Ideabox, Langkah Anda Pengusaha Baru Untuk Menjadi Lebih Maju

IDEABOX adalah program inkubator digital yang sudah dijalankan oleh Indosat sejak tahun 2013 lalu dengan bekerja sama dengan Mountain SEA Ventures.  Siklus program IDEABOX adalah setiap 6 bulan, terdiri dari 2 bulan untuk proses seleksi dan 4 bulan program akselerasi. Tahun ini merupakan batch ke-2 IDEABOX. Dengan melalui proses pemilihan yang selektif dan cukup rigidIDEABOX hanya memilih beberapa perusahaan startup yang berpotensi , dan tetap mempertahankan kuota yang kecil, agar setiap perusahaan tersebut bisa mendapatkan support maksimal dan mendapatkan mentoring lebih baik dari expertise lokal, internasional, maupun para pelaku industri yang berpengalaman.

IDEABOX menawarkan program intensif akselerasi selama 4 bulan dengan fasilitas yang sudah disediakan. Program ini meliputi mentoring selama 24 jam seminggu, kurikulum yang sudah terstruktur dengan baik dan dengan akses ke salah satu network founder dan advisor lokal dan internasional.

“Ideabox merupakan program yang berbeda dengan inkubator lainnya. Kita  memiliki program yang intensif dan berskala internasional dan para perusahaan startup akan meiliki akses ke pelanggan Indosat melalui komersial partnership dengan Indosat,” ujar Carlos KaroKaro, Division Head eCommerce PT Indosat,  ketika ditanya mengapa harus memilih IDEABOX.

Kurikulum dikembangkan oleh Mountain Partners SEA Venture yang berpengalaman dalam membangun lebih dari 200 startup di seluruh dunia. Startup ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Indosat, leading telecom operator di Indonesia. Indosat menawarkan commercial partnership, payment integration, collocation dan mobile advertising support untuk membantu mereka berkembang lebih cepat dan mampu mengakses jutaan pelanggan mobile Indonesia.

Indosat yang merupakan bagian dari Ooredoo group bekerjasama dengan Founder Institute Jakarta dan juga menyediakan para startup akses ke mentor yang sudah mendunia, entrepreneur dan expert di bidang network baik lokal dan internasional.

Kejora Facilities

IDEABOX telah berhasil meluluskan 4 perusahaan startup di siklus pertamanya. Keempat bisnis tersebut telah secured commercially dengan Indosat. “Mereka juga akan diprioritaskan untuk mendapatkan investasi dari Indosat-softbank Fund”, ujar Tauseef Riaz, Group Head Digital Business and Commercial Development.  Beberapa investor asing telah berinvestasi ke dua perusaahan, Dealoka dan Ngomik.

“Mereka yang telah lulus ini juga akan berkesempatan untuk melebarkan sayapnya ke negara-negara tempat Ooredoo beroperasi. Bahkan Salah satu startup batch ke-2 sudah dipastikan akan digandeng oleh Ooredoo Myanmar," lanjut Tauseef Riaz.

Sidney Budiman, pendiri Dealoka menyebutkan bahwa ide bisnis mengarah ke location base, mobile application, online dan offering. Karena ia menyadari bahwa skillnya lebih kuat di bidang teknis dan tidak punya skill market, Sidney memutuskan untuk bergabung ke ideabox. Ideabox membantu Dealoka dalam hal pemasaran, marketing dan networking di Indonesia.

“Setelah graduate IDEABOX, kami langsung engaged  dengan Indosat dengan menyediakan konten Program Retention Management. Khusus pelanggan Indosat akan mendapatkan special price yang dapat ditukarkan melalui poin Indosat. Selain itu, Indosat juga memberikan prioritas bagi Dealoka mendapatkan dana investasi dari Capital Fund Indosat-Soft bank,” lanjut Sidney.

(vem/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading