Sukses

Lifestyle

Jangan Lupa Sapa Diri Anda Sendiri

Ladies, pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri “Mengapa ini bisa terjadi pada saya?” atau “Mengapa saya terus mendapatkan masalah yang sama?” Pertanyaan seperti ini sering muncul karena Anda hidup tanpa benar-benar mengenali diri sendiri, menyelami apa yang sedang dipikirkan, dirasakan, apa yang sedang dinginkan atau diimpikan.

Meskipun seringkali dilontarkan, namun pertanyaan ini sangat jarang terjawab. Hal ini membuat Anda merasa kehilangan kendali atas hidup sendiri. Karena tidak ada orang yang bisa mengendalikan pribadi yang tidak dikenal dengan baik, meskipun pribadi tersebut adalah diri Anda sendiri.

Thales, seorang filsuf Yunani Kuno menyebutkan bahwa hal yang paling sulit adalah mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri bukanlah tugas yang sederhana karena seringkali Anda justru merasa tidak nyaman dan menyangkal mengenai diri sendiri. Perasaan ini muncul karena kebanyakan manusia tidak ingin mengenal kelemahan, ketakutan, dan kerapuhan diri sendiri. Padahal dengan mengenal diri sendiri, hal ini juga berarti mengetahui kekuatan dan sumber kebahagiaan diri.

Banyak hal yang menjadi penyebab Anda sulit sekali mengenali diri sendiri. Salah satunya adalah karena jaman sekarang kita hidup di dunia yang serba sibuk dan terburu-buru. Selalu ada jadwal yang harus diikuti dan orang untuk ditemui. Jika hal ini terus terjadi, lalu kapan Anda akan mulai belajar untuk mengenali diri sendiri?

Sudah saatnya ada berhenti sejenak dan mulai belajar mengenali diri sendiri dengan melakukan beberapa hal di berikut ini.

Anggap dunia milik sendiri

Sekarang saatnya Anda mematikan segala gadget, tutup buku, dan matikan film sejenak. Habiskan waktu dengan diri sendiri tanpa 'bantuan' dari sumber lain apapun bentuknya. Anda bisa berlibur sendirian ke daerah pegunungan atau sekedar duduk sendirian di kamar tidur.

Evaluasi hari kemarin

Berhentilah sejenak dan pikirkan beberapa kejadian yang sama yang terus menimpa Anda. Cari tahu apa sebenarnya permasalahan utamanya. Karena hanya dengan benar-benar mengetahui permasalahannya, berarti Anda sudah setengah jalan untuk menemukan solusinya.

"Maumu apa sih?"

Ladies, pernahkah Anda berpikir bahwa sebenarnya kebanyakan orang menjalani hidup dengan menuruti apa yang orang-orang harapkan dari diri mereka? Apakah Anda juga begitu? Karena terlalu sering menomorduakan diri sendiri, akhirnya Anda jadi lupa untuk benar-benar mencari tahu apa keinginan Anda dan melakukan apa yang Anda inginkan.

Buat action plan

Setelah Anda menyadari permasalahan utama, langkah selanjutnya adalah membuat action plan yang konkret dan realistis. Tentukan target Anda sendiri dan kumpulkan niat Anda untuk melakukannya.

Seperti pepatah "tak kenal maka tak sayang", Anda tidak akan bisa menyayangi diri sendiri jika Anda tidak mengenalnya. Begitu Anda bisa mengenal dan menerima diri sendiri, Anda kana merasa nyaman dan bisa melihat ke luar dengan jelas, objektif dan penuh kasih sayang. Ingat Ladies, Learning to love yourself is the greatest love of all.

Ikuti perjalanan cepat mengenali diri melalui tes kepribadian di SETIPE.COM.

Naskah asli oleh: Marsha Habib

Ditulis ulang oleh editor KapanLagi.com

 

(vem/Marsha Habib/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading