Sukses

Lifestyle

Indosat Turut Berperan Dalam Upaya Pelestarian Batik

2 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Indosat meluncurkan portal digital batikology.org. Website ini dibuat dalam rangka untuk melanjutkan komitmen kepedulian untuk pelestarian batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Tidak hanya berisikan konten-konten interaktif, menarik dan relevan tentang batik, batikology.org juga mengusung konsep user generated content (UGC) yang mengajak semua orang untuk berkontribusi di dalam portal tersebut. Dengan konsep ini, batikology.org merupakan UGC portal batik pertama di Indonesia dan di dunia.

Terdapat 3 fitur yang ada di batikology.org, antara lain Batik Spot, Batiknowledge, dan Galeri Batik. Di Batik Spot pelanggan dapat merekomendasikan tempat-tempat penjualan batik favoritnya kepada user lain dengan cara check in di tempat-tempat penjual batik. Di Batiknowledge pelanggan bisa berbagi konten pengetahuan seputar batik mulai dari tipe-tipe batik hingga tips merawat batik, sedangkan di Galeri Batik, pelanggan dapat membagikan foto bertema batik dengan mencantumkan hashtag #batikology.

“Peluncuran portal digital batikology.org ini merupakan cara kami mengekspresikan nasionalisme dan rasa cinta kami terhadap negeri. Apalagi batikology.org menjadi user generated content portal batik pertama di Indonesia dan di dunia. Kami juga bangga dapat menjadi bagian dari pelestarian batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya bangsa. Hal ini kami wujudkan dengan Penyerahan Donasi Batik untuk kemajuan industri Batik di Indonesia,” demikian disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Selain peluncuran portal digital batik, Indosat juga melakukan Penyerahan Donasi Batik kepada Tokoh Pembina Batik Indonesia, Ibu Darwina Pontjo Sutowo. Beliau merupakan sosok yang aktif membina industri Batik Indonesia. Penyerahan donasi dilakukan di Kantor Pusat PT Indosat pada 29 September lalu.

Donasi ini berasal dari pelanggan Indosat yang melakukan pembelian voucher isi ulang edisi khusus batik pada Hari Batik Nasional tahun lalu. Setiap pembelian voucher tersebut, akan disisihkan sebesar Rp 50,- per voucher tanpa memotong pulsa pelanggan.

Tahun ini dalam rangka memperingati hari Batik Nasional, Indosat mengadakan kompetisi Digital Activation dengan tema Photo story competition #Batikology. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan diri di www.batikology.org dan follow twitter @indosatmania. Langkah selanjutnya, kamu dapat meng-upload foto dengan tema batik ke twitter. Sertakan juga cerita tentang keunikan batik tersebut seperti nama pengrajin, sejarah, motif, dan sebagainya dengan hashtag #Batikology. Jangan lupa mention @indosatmania, ya. Kompetisi ini akan berlangsung sampai 15 November 2014. Pemenang dengan foto terbaik akan mendapatkan hadiah menarik dari indosat.

(vem/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading