Sukses

Lifestyle

Meletusnya Gunung Slamet Dan Mitos Terbelahnya Pulau Jawa

Belakangan ini, berita tentang aktivitas Gunung Slamet ramai memenuhi media massa dan media online. Memang, gunung yang berada di Jawa Tengah ini terus mengeluarkan lava pijar dan suara dentuman yang cukup keras.

Gunung ini sebenarnya termasuk gunung yang adem-ayem sesuai namanya. Meskipun merupakan gunung aktif, saat erupsi, Gunung Slamet tidak terlalu banyak memuntahkan lava bila dibandingkan Gunung Merapi.

Meskipun demikian, gunung setinggi 3.428 meter dan merupakan gunung tertinggi ke dua di Pulau Jawa ini menyimpan beberapa mitos yang cukup menyeramkan. Salah satu mitosnya yang paling terkenal adalah terbelahnya Pulau Jawa apabila gunung ini meletus.

Letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa membuat masyarakat sekitarnya percaya bahwa jika Gunung Slamet meletus besar, maka akan terbentuk parit besar yang menyatukan laut utara dan laut selatan. Mitos ini sudah lama beredar di kalangan warga Banyumas dan sekitarnya.

Semburan magma di Gunung Slamet

"Jare wong tua, nek Slamet jeblug gede bisa mbelah pulau Jawa. Soale kan memang secara geografis pas di tengah-tengah laut pantai selatan dan utara (Kata orangtua, kalau Slamet meletus besar bisa membelah pulau Jawa)," ujar Marko, warga Bobosan, Banyumas, Jawa tengah dalam sebuah perbincangan dengan Merdeka.com.

Mitos tersebut lantas dihubungkan dengan ramalan Ki Jayabaya yang pernah menyebutkan Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua. Ramalan ini semakin memperkuat keyakinan warga akan mitos tersebut.

Wah, semoga mitos tersebut tidak benar adanya, dan Gunung Slamet tetap selamat seperti namanya.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading