Sukses

Lifestyle

Nezzatullah, Membantu Anak Jalanan Dengan Produk Daur Ulang

Ladies, di rumah Anda mungkin sudah banyak barang-barang bekas seperti botol minuman yang terbuat dari plastik, kertas yang sudah tidak terpakai, plastik belanjaan dan lain sebagainya. Tahukah Anda bahwa semua barang-barang tersebut bisa berguna dengan cara di daur ulang menjadi sebuah produk.

Seperti anak muda yang bernama Nezatullah Ramadhan. Ia mempunyai kreativitas dan berbakat dalam mengolah limbah lingkungan tersebut menjadi suatu barang yang berguna dan bisa dipakai kembali. Neza pun membuat mesin pengurai serat dan bubur kertas.

Langkahnya ini didukung oleh instansi pemerintah dengan melegalkann hukum sehingga didirikannya Yayasan Nara Kreatif di daerah Kramat Jati Jakarta Timur.

Foto: copyright by Vemale.com

“Di Yayasan ini, kita mengarah pada pengolahan limbah kertas. Saya dan teman-teman ingin menghasilkan suatu produk yang berguna, akhirnya kita buat satu mesin pengurai serat dan bubur kertas,” kata Neza saat ditemui acara Nutrifood di Grand Indonesia Kamis 17 Juli 2014 yang lalu.

Setelah berhasil membuat mesin dan sudah mempunyai hasil olahan, tak berhenti di situ saja, Neza pun memikirkan permasalahan siapa sumber daya manusia yang bisa berperan menjalankan daur ulang tersebut.

“Akhirnya kita mencoba identifikasi permasalahan kita. Ada dua permasalahan, sampah dan sumber daya manusia. Kita memikirkan saudara-saudara kita yang kurang beruntung, entah itu anak putus sekolah maupun anak jalanan. Akhirnya saya dengan teman-teman memberikan pemikiran ini kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung dan mereka bergabung dengan kita,” ungkap Neza.

Foto: copyright by Vemale.com

Menurut Neza, mereka sangat membutuhkan kebutuhan ekonomi sehingga ia bersama teman-temannya pun memberikan penghasilan dengan cara yang lebih baik dengan membuat recycle paper, paper bag, accessories, wallpaper, wedding kits, stationarry, souvenir dan masih banyak lagi.

“Sebetulnya mereka juga menyadari apa yang mereka lakukan di jalan itu sebenarnya tidak baik. Mereka tidak yakin akan melakukan itu sampai hari tua nanti, dan kita mencoba mencari solusinya dari pengolahan kertas. Mereka berkarya dengan memberikan waktu dan pemahaman, meski memang sulit di awal, tapi berjalan dengan baik,” tambahnya.

Tahun kedua inilah Yayasan yang dibentuk Neza dan teman-temannya dibantu oleh Nutrifood sehingga dengan motto mengindahkan, mempunyai nilai, mengubah yang tidak bernilai dari hasil, semua itu untuk kegiatan sosial. Yayasan ini sudah mempunyai anak asuh 90 orang dan semakin banyak yang mendaftar untuk masuk ke dalam asrama.

“Anak asuh sudah banyak yang mendaftar, sampai sekarang sudah 90 orang SD, SMP dan SMA. Mereka kejar paket dan tahun ini alhamdulillah kita kasih beasiswa untuk tiga orang,” kata Neza.

Ia pun berharap akan banyak lagi saudara-saudara yang kekurangan dapat bergabung dan mendapat manfaatnya.

Jika Ladies ingin membantu kegiatan yang positif ini, bisa memesan langsung ke nomor telefon 085781056589 atau 081282976949. Bisa juga melalui email nezatullahramadhan@yahoo.co.id. Dan bila Anda penasaran seperti apa produknya, dapat membuka websitenya di www.narakreatif.co.id follow juga @nararecycle.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading