Sukses

Lifestyle

Ide Hidangan Centerpiece Meja Lebaran

Bulan puasa akan segera berakhir dan lebaran akan segera datang. Beberapa dari Anda mungkin sudah menyiapkan hiasan meja beserta berbagai menu spesial sebagai jamuan lebaran untuk keluarga dan para sahabat Anda.

Ladies, hiasan meja (centerpiece) yang membawa tema dalam penyajian hidangan Lebaran tidak harus mewah atau rumit. Meskipun dengan material yang sederhana, meja Anda tetap akan terlihat menawan jika Anda bisa menatanya dengan apik. 

Caranya cukup mudah, jangan terpaku pada bunga saja sebagai hiasan meja, menu yang Anda sajikan juga bisa membuat meja terlihat semakin cantik jika Anda menatanya sesuai dengan tema yang Anda pikirkan. Misalnya, dengan mengguanakan tema tradisional atau lokal Indonesia, Anda bisa menyajikan menu Sambal Goreng Ubi Tengiri atau Gulai Pakis Teri Medan.

Nah, berikut ini beberapa ide yang bisa Anda terapkan untuk membuat meja Anda terlihat cantik dan menawan.

1. Aneka sayur-mayur lokal beraneka warna

Sayuran yang didominasi warna hijau memberi kesan segar dengan nuansa evergreen (abadi). Pilih wadah yang dapat menonjolkan nuansa segar sayuran. Tidak perlu rumit, yang penting dapat memperlihatkan pesona hijaunya. Anda bisa menggunakan tomat ceri, terung, daun kemangi, bunga kecombrang (honje) dan sayuran hijau berwarna cerah.

2. Aneka buah-buahan dengan warna menyala

Buah-buahan berwarna oranye, kuning dan merah memberikan kesan segar dan kuat. Selera makan dan semangat berpesta akan dibengun dengan centerpiece berupa lemon kuning yang memenuhi vas tinggi yang sederhana. Demikian juga dengan hijaunya jeruk nipis, merahnya rambutan, kilap keemasan buah salak, dan masih banyak lagi.

3. Kombinasi sayur dan buah

Anda juga bisa mengkombinasikan sayur dan buah. Paduan warna sayur dan buah akan saling melengkapi meja Anda. Cerahnya buah dan teduhnya warna hijau sayuran memberi nuansa segar sekaligus sehat serta bersahaja. Padukan buah apel malang, daun mint segar atau peterseli dan murbei berwarna merah.

4. Kombinasi bunga dan buah

Bunga memang masih menjadi item favorit untuk digunakan sebagai centerpiece. Padukan bunga dengan buah untuk memberikan kesan dinamis sekaligus anggun. Misalnya, bunga berwarna kuning dengan vas yang dihias dengan irisan buah Mandarin.

5. Kombinasi bunga dan kacang-kacangan

Kacang merah, kacang hitam maupun kacang hijau bisa jadi dasar yang menahan kokohnya bunga di dalam vas. Paduan bunga berwarna merah dengan kacang merah memberi kesan semangat yang kuat bagi tatanan meja Lebaran yang klasik. Coba juga paduan bunga berkelopak putih dengan kacang hitam sebagai isi vas.

(vem/tey)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading