Sukses

Lifestyle

Pria Ternyata Merasakan Kesedihan Lebih Dalam Daripada Wanita

Ladies, mungkin sejak kecil pria yang paling Anda perhatikan tentunya ayah. Anda sejak kecil mungkin menaruh perasaan heran kenapa ayah Anda hampir tidak pernah terlihat menangis meskipun dilanda begitu banyak masalah. Setelah beranjak dewasa, Anda juga melihat banyak teman pria Anda hampir tidak pernah menangis ketika mendapat musibah. Dan selama ini banyak yang menyakini jika pria itu adalah makhluk yang sangat keras kepala dan anti melow. Jangan tertipu dengan penampilan pria yang terlihat tanggung Ladies!

Dilansir dari dailymail.co.uk, penelitian terbaru menemukan fakta bahwa ternyata pria dua kali lebih dalam merasakan kesedihan dibandingkan wanita. Penelitian dilakukan dengan meminta responden pria dan wanita untuk menyaksikan video clip yang sangat menyentuh hati. Dari sini kemudian diteliti bagaimana reaksi fisiologis responden. Penelitian ini dilakukan oleh lembaga riset psikologi, Mindlab yang ditugaskan oleh Royal Mail untuk menghapus mitos bahwa pria tidak bisa merasakan emosional yang mendalam seperti layaknya wanita. Menurut Dr. David Lewis, seorang neuropsikolog, mengatakan bahwa stereotip gender tentang laki-laki yang begitu tangguh dan perempuan yang begitu emosional diperburuk oleh pencitraan di social media maupun kehidupan sehari-hari.

Dalam percobaan, responden terdiri dari 15 orang ayah dan 15 orang ibu yang kemudian disajikan serangkaian gambar dan video, selanjutnya reaksi fisiologis mereka diukur dengan elektroda konduktansi yang dilekatkan di kulit mereka. Konten yang disajikan memiliki kategori ke dalam empat topik yaitu bahagia, lucu, menarik, dan menyentuh hati. Pria menunjukkan reaksi emosional lebih tinggi pada konten bahagia, lucu, dan menarik dibandingkan wanita. Namun ketika para pria ini menyaksikan konten yang menyentuh hati, seperti video seorang ayah yang pulang dari tugasnya sebagai tentara kemudian bertemu kembali dengan putrinya, reaksi emosional pria secara signifikan melonjak dua kali lipat lebih kuat daripada wanita.

Ketika semua responden diminta untuk mengisi kuisioner tentang bagaimana perasaan mereka, seperti stereotip yang sudah melekat di masyarakat, bahwa wanita merasa lebih emosional menanggapi konten yang disaksikannya dibandingkan pria. Namun reaksi fisiologis yang ditunjukkan pria sama sekali tidak bisa membohongi, bahwa sebenarnya pria merasa lebih emosional dua kali lipat dibandingkan dengan wanita. Meskipun pria tidak pernah terlihat menangis, namun perasaan mereka sebenarnya sangat emosional.

Ladies, mulai sekarang jangan takut lagi berbagi suka duka dengan pasangan Anda, karena pria adalah makhluk yang dingin di luar, namun sebenarnya di hatinya begitu hangat.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading