Sukses

Lifestyle

Ini Bukan Cat Atau Permadani, Melainkan Beras Warna-Warni

India adalah salah satu negara dengan budaya yang sangat khas. Banyak sekali hasil seni dan budaya yang menyebar hingga ke berbagai negara. Bahkan Indonesia, adalah salah satu negara pecinta film dan makanan India. 

Negara ini memang punya banyak warna-warni budaya yang indah. Mendengar kata warna-warni, mungkin Anda akan ingat pada perayaan Holi yang populer. Di mana banyak orang India menggunakan tepung warna-warni untuk saling dilempar ke tubuh masing-masing dan mereka bersukacita dalam perayaan tersebut. 

Photo copyright My Modern Met

Kalau yang ini, sama-sama warna-warni. Hanya saja, kali ini mereka tak melemparkan bubuk warna-warninya. Karya seni yang mirip dengan permadani ini bernama Rangoli, merupakan seni jalanan yang terbuat dari beras dan tepung. Ada juga yang menggunakan kunir bubuk. Semua bahan yang digunakan memang bahan alami. 

Photo copyright My Modern Met

Meski disebar di jalanan, bahan-bahan Rangoli tidak akan mencemari lingkungan. Budaya yang satu ini adalah budaya kuno yang kabarnya bisa mendatangkan keberuntungan. Pola yang digunakan biasanya adalah pola bunga, geometris dan lambang-lambang yang sangat filosofis di India. 

Photo copyright My Modern Met

Rangoli biasanya bisa Anda lihat saat ada event-event besar seperti Diwali, Onam, Pongal dan sebagainya. Pernikahan di India juga bisanya dihiasi dengan Rangoli. Karya seni unik ini sebagai salah satu lambang diberikan jalan untuk kedatangan para Dewa. 

Nah, kalau Anda kebetulan sedang jalan-jalan ke negara yang eksotis ini, sempatkan melihat Rangoli. Dengan kata lain, jangan lupa untuk mencocokkan tanggal Anda dengan event-event khusus yang ada di sana. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading