Sukses

Lifestyle

Semakin Panjang Leher Berarti Semakin Cantik, Tradisi Unik Wanita Suku Kayan

Ladies, apakah makna kecantikan untuk Anda saat ini? Tentunya setiap wanita memiliki keyakinan masing-masing tentang arti kecantikan untuk dirinya. Makna kecantikan juga dipengaruhi lingkungan tempat wanita tinggal. Mungkin Anda akan sedikit terkejut jika wanita suku Kayan di kawasan Burma Timur, lebih memilih memanjangkan lehernya agar terlihat cantik, seperti dilansir dari dailymail.co.uk.

Wanita suku Kayan sejak usianya masih 5 tahun sudah memakai kumparan di lehernya. Jumlah kumparan akan bertambah seiring bertambahnya usia mereka. Kumparan yang terbuat dari kuningaan ini dibuat sendiri oleh wanita suku Kanyan dan tentu saja menghabiskan waktu yang tak sedikit hingga proses memasangnya di leher mereka. Berat 10 set kumparan bisa mencapai 10 kilogram. Anda bisa membayangkan bagaimana rasanya jika leher membawa beban seberat sekian, belum lagi luka yang ditimbulkan akibat gesekan kulit dengan benda logam ini.  

Dengan menggunakan kumparan di lehernya, tentu saja membatasi gerak para wanita untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun demikian wanita suku Kanyan jarang sekali melepas kumparan kuningan dari lehernya, kecuali ingin menggantinya dengan versi yang lebih panjang. Bahkan mereka lebih suka selalu memakainya daripada merasakan memar dan rasa sakit yang tidak nyaman ketika kumparan tersebut dilepas. Jelas saja, otot-otot leher mereka menjadi lebih lemah karena setiap harinya kumparan tersebut menekan otot sekaligus menyangganya agar leher semakin terlihat panjang.

Belum ada kisah yang jelas mengapa para wanita ini memakai kumparan untuk memanjangkan lehernya. Namun beberapa sumber menyebutkan, lilitan itu untuk melindungi wanita dari gigitan harimau, selain itu ada juga yang menyebutkan dengan memakai lilitan para wanita tidak terlihat menarik sehingga mencegah suku lain membawa mereka sebagai budak. Namun teori terakhir yang beredar belakangan ini menyebutkan, cara ini untuk menarik wisatawan yang akhirny bisa menghasilkan pemasukan bagi warga suku Kayan.

Tradisi memangharus dijaga dan dilestarikan, namun seiring semakin berkembangnya peradaban dunia, sebaiknya mereka mempertimbangkan sisi kesehatan untuk diri mereka sendiri. Lihat yuk bagaimana wanita suku Kayan memanjangkan lehernya di galeri berikut ini.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading