Sukses

Lifestyle

Derinkuyu, Kota Bawah Tanah di Turki Yang Eksotis Nan Unik

Ladies, pernahkah Anda membayangkan tinggal dalam suatu kota dengan hunian yang berhimpitan satu sama lain? Tak hanya itu, jarak antara satu tetangga dengan tetangga yang lainnya bahkan bisa ditempuh hanya dengan satu langkah saja. Apakah ada kota seperti ini? Ya, perkenalkan, kota Derinkuyu, Turki!

Dilansir oleh whenonearth.net, berlokasi di wilayah bersejarah bernama Cappadocia, kota Derinkuyu menjadi tujuan wisata populer karena keunikannya. Pasalnya, kota ini terletak di bawah tanah dengan formasi batu-batuan yang unik dan kental dengan nuansa budaya timur tengah.

Hebatnya, kota bawah tanah ini terhubung satu sama lain walau letaknya di bawah tanah. Derinkuyu ini sangat terkenal karena keluasan wilayahnya yang mampu menampung sekitar 20.000 orang pada masanya. Selain itu, kota ini dibangun 60 meter dari permukaan tanah oleh masyarakat abad ke-7 sebelum masehi. Hebat bukan?

Meski terletak jauh di bawah tanah dan dibangun pada jaman dahulu kala, tetapi kota ini punya sistem yang cukup modern, lho. Kota ini memiliki sekitar 600 pintu yang mengantarkan kita menuju ke ruangan-ruangan yang sangat besar. Walaupun pintu-pintunya terbuat dari bebatuan besar, sangat mudah digunakan. Dengan desain menyerupai labirin, barangkali pengunjung yang baru memasuki kota ini bakal kebingungan mencari jalan keluar.

Jika Anda bepergian ke Turki, tak ada salahnya mengunjungi tempat ini. Derinkuyu terbuka untuk dikunjungi turis, meskipun hanya sekitar 10-15% bagian dari wilayah bawah tanah ini yang dibuka untuk umum. Penasaran seperti apa sih rasanya tinggal di kota di bawah tanah ini pada zaman dahulu? Yuk kami ajak berkeliling melalui galeri foto berikut ini.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading