Sukses

Lifestyle

7 Keajaiban Kentang, Anda Wajib Tahu!

Ladies, apa saja tentang manfaat kentang yang Anda tahu selain untuk bahan masakan? Mungkin selama ini Anda hanya bertemu dengan kentang pada sup atau olahan lauk. Sebaiknya mulai saat ini Anda berhenti meremehkan kentang hanya bisa untuk masakan. Ternyata kentang memiliki banyak manfaat yang tidak terduga.

Dilansir dari toptenz.net, kentang ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Dan yang lebih heboh lagi, kentang juga bisa menghasilkan listrik lho Ladies. Wah keren banget ya si kentang ternyata. Dan masih ada beberapa manfaat hebat lainnya. Yuk simak info berikut ini tentang 7 keajaiban kentang.

(vem/hyn)

Sumber listrik

Kentang ternyata telah digunakan sebagai sumber daya listrik untuk beberapa penemuan. Mungkin yang paling terkenal, kentang digunakan untuk menerangi bola lampu atau percobaan jam digital. Kok bisa ya kentang punya kemampuan seperti ini? Ternyata kentang mengandung sejumlah energi yang dapat digunakan untuk mengalirkan listrik. Kemampuan yang dimiliki kentang ini sebenarnya lebih mirip dengan baterai, dia mampu menjadi sumber listrik untuk beberapa saat.

Mungkin Anda sebaiknya mencoba penemuan ini sebelum Anda membuat kentang menjadi menu makan siang hari ini. Memang Anda tidak bisa menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan kentang ini misalnya untuk menyalakan televisi atau vacuum cleaner. Tapi mungkin Anda akan menemukan hal yang menyenangkan dengan memanfaatkan sumber listrik pada kentang. Jangan lupa ajak anak Anda untuk bereksperimen ya Ladies.

Bahan pengganti plastik

Kentang ternyata juga bisa digunakan sebagai pengganti yang baik untuk penggunaan bahan plastik yang berlebihan. Jika peralatan rumah tangga yang berbahan plastik sering kali dipermasalahkan karena tidak bisa didaur ulang, maka kentang menjadi bahan pengganti yang juga sangat aman untuk lingkungan. Tepung dari kentang menjadi bahan andalan untuk menciptakan peralatan makan seperti sendok, garpu, dan piring. Dengan menggunakan kentang, Anda telah berperan membantu keselamatan lingkungan Anda Ladies. Keren ya si kentang ini.

Bahan perawatan kecantikan

Apakah Anda pernah meluangkan waktu membaca bahan yang digunakan untuk pembuatan produk kecantikan Anda Ladies? Sebagian besar produk kecantikan mencampurkan ekstrak kentang sebagai salah satu bahannya. Selain itu kentang juga sangat efektif untuk menghilangkan jerawat, komedo, dan kulit berminyak. Kentang mengandung nutrisi penting serta vitamin yang membantu membersihkan kulit serta pori-pori.

Lalu bagaimana caranya merawat wajah dengan kentang? Ada dua langkah yang bisa Anda lakukan. Yang pertama, iris kentang kemudian gosokkan pada bagian yang terinfeksi kemudian biarkan hingga satu sampai dua menit. Setelah itu bilas wajah Anda dengan lembut dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk kulit dengan lembut. Metode berikutnya yang lebih efektif adalah membuat pasta dari kentang, Anda bisa mengandalkan bantuan blender. Setelah benar-benar lembut, balurkan kentang pada wajah Anda sebagai masker dan diamkan hingga 15 menit. Bersihkan wajah Anda dan rasakan kulit wajah lebih kencang, halus dan bersih.

Mengurangi bengkak pada mata

Aduh sangat mengganggu sekali ya Ladies ketika bangun tidur ternyata salah satu mata Anda bengkak. Biasanya hal seperti ini terjadi jika Anda hanya mendapat sedikit waktu untuk tidur. Mungkin Anda sudah akrab dengan mentimun, tetapi ternyata kentang memiliki khasiat yang lebih baik untuk meredakan mata bengkak. Caranya iris kentang dan jangan lupa cuci hingga bersih setelah itu tempelkan pada mata selama sekitar 10 menit. Anda akan melihat bagaimana kentang meredakan mata Anda yang bengkak.

Menghilangkan karatan

Ladies, sering kesal jika peralatan makan atau perabot lainnya berkarat. Kentang bisa juga menolong Anda untuk mengatasi masalah ini. Sayuran ini sangat efektif menghilangkan karatan dan membuat barang-barang dari logam kembali bersinar. Kentang mengandung sejenis asam yang akan meresap pada karat kemudian akan menghapus musuh besar logam tersebut. Caranya potong kentang kemudian gosokkan bagian dalamnya pada barang logam yang berkarat. Biarkan selama sekitar setengah jam kemudian gosok menggunakan sabut stainless yang biasa Anda gunakan untuk menggosok panci.

Membersihkan sepatu kulit

Kentang tidak hanya bisa Anda gunakan untuk membersihkan karat, ternyata sayuran ini juga bisa untuk membuat sepatu kulit Anda terlihat mengkilap. Jadi jika Anda sedang terburu-buru dan ternyata semir sepatu Anda habis, berlarilah ke dapur kemudian potong kentang dan gosokkan bagian dalam kentang pada sepatu kulit Anda. Diamkan untuk 5 menit, kemudian bersihkan dengan sikat yang lembut atau kain untuk membersihkan. Hasilnya Anda akan takjub, sepatu kulit Anda terlihat lebih mengkilap. Tapi jangan makan kentang bekas sepatu ya Ladies.

Bahan baku industri

Ternyata keajaiban kentang tidak berhenti hanya di rumah Anda Ladies. Sayuran ini juga masih banyak digunakan di beberapa industri terbesar dunia seperti kayu, kertas, tekstil, dan minyak. Industri tersebut menggunakan kentang untuk diolah menjadi tepung dan bahan perekat. Tepung ini kemudian diolah menjadi kertas dan kain. Sedangkan industri kayu menggunakan perekat untuk mengikat beberapa lapis kayu. Tidak seperti lem pada umumnya, lem dari kentang ternyata lebih murah dan lebih kuat. Itulah mengapa kentang menjadi pilihan utama industri kayu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading