Sukses

Lifestyle

Ngerinya Letusan Gunung Kelud Tahun 2007, Laharnya Masih Panas Hingga 2010

Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang.

Kekhaskan gunung api ini adalah adanya danau kawah yang tercipta akibat letusan gunung Kelud akhir tahun 2007. Lahar letusannya sangat cair dan membahayakan penduduk sekitarnya. Akibat aktivitas tersebut muncullah kubah lava, danau kawahnya nyaris sirna dan tersisa semacam kubangan air.

Kamis, (13/02) sekitar pukul 22.49 WIB, Gunung Kelud kembali mengeluarkan erupsinya. Membuat wilayah di sekitarnya dihujani abu dan material vulkanik.

Petir dan erupsinya dikabarkan terlihat tak hanya di wilayah Kediri saja, namun juga di beberapa daerah di Jawa Tengah. Banyak masyarakat memposting fenomena alam ini di akun social medianya dan menimbulkan kengerian sekaligus ketakjuban.

Teringat pada letusan gunung Kelud 2007 silam, kengerian itu masih terekam jelas di ingatan. Peristiwa erupsi 2007 silam sempat terekam dan diabadikan lewat kamera. Inilah rekaman peristiwa letusan gunung Kelud 2007 silam.

Dalam video tersebut diceritakan bagaimana lahar yang sudah membeku tidak serta merta kemudian menjadi batu. Masih tersisa bara api bahkan hingga video tersebut direkam pada tahun 2010.

Dan kini, saat Kelud meletus lagi, diharapkan tidak ada korban nyawa yang jatuh. Let's #PrayForKelud dan sebarkan informasi yang tidak meresahkan tentang fenomena alam ini.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading