Sukses

Lifestyle

Rebutan Klaim Pempek Palembang dan Jambi, Siap Perang?

Anda suka pempek? Dari mana asal pempek yang lezat dan ada beragam jenis itu? Pasti banyak yang menjawab Palembang. Namun ada ribut-ribut beberapa hari ini, karena ada berita ada klaim bahwa pempek berasal dari Jambi.

Dilansir oleh Merdeka.com, Senin (30/12), belum jelas siapa yang memberi klaim tersebut, namun menurut Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, yang menceritakan perihal klaim tersebut adalah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, ada pejabat di Provinsi Jambi yang mengklaim pempek.

Selama ini pempek sudah dikenal sebagai salah satu kekayaan kuliner Palembang, sudah jelas Alex Noerdin berusaha mempertahankan pempek sebagai kekayaan kuliner milik Palembang.

"Saya kaget ada orang yang bilang kalau Pempek makanan khas Jambi. Kalau mau ngaku soal yang lain, terserah. Tapi kalau mengaku Pempek sebagai makanan khas daerah lain, kita siap untuk berperang," ujar Alex.

Bagi beberapa masyarakat Jambi yang tinggal di Palembang, pernyataan Alex tersebut sangat disayangkan. Alex dianggap terlalu emosi menanggapi berita tersebut.

"Tidak pantaslah orang seperti Pak Alex bilang perang begitu, apalagi hanya soal pempek," ujar Saladin, seorang pengusaha asal Jambi yang lama menetap di Palembang pada Merdeka.com.

Menurut Saladin, di Jambi sendiri, pempek sudah menjadi makanan wajib bagi masyarakat di sana. Jadi bisa dikatakan, pempek adalah makanan masyarakat Jambi juga, tidak hanya orang Palembang.

Tentunya sangat disayangkan jika hal ini terus melebar, apalagi jika sampai terjadi ketegangan antar masyarakat Palembang dan Jambi. Makanan tradisional seharusnya menjadi pemersatu di negara kita sendiri, yang membuat Indonesia menjadi kaya dalam hal kuliner.

Semoga saja hal ini bisa diselesaikan dengan damai.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading