Sukses

Lifestyle

Menakjubkan, Ini DIY 7 Organ Tubuh Fenomenal di Dunia

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan satu slogan DIY yang memiliki arti Do It Yourself, atau membuat sesuatu dengan kreativitas kita sendiri. Dan DIY seperti yang kita banyak temui lebih sering terjadi pada fashion dan makanan saja. Namun untuk DIY yang satu ini, Anda tentu akan merasa takjub dan terkejut oleh apa yang mereka ciptakan dengan usaha mereka sendiri.

Yups, seperti yang dilansir oddee.com, beberapa orang ini ternyata menciptakan sesuatu yang berhubungan dengan tubuh loh! Pasalnya, ada beberapa anggota tubuh mereka yang tak lengkap akibat berbagai kejadian dan penyebab. Namun justru hal itulah yang lantas membuat mereka mampu menciptakan sendiri anggota tubuh yang tak lengkap itu. Hebat, lantas siapa saja sih sosok menginspirasi ini?

(vem/oem)

Kaki Lego

Mengalami amputasi pada kaki merupakan hal yang sangat berat bagi siapapun yang mengalaminya. Tapi, bagi wanita bernama Christina Stevens, amputasi tidak ia biarkan merenggut kebahagiaan hidupnya. Wanita cantik berusia 31tahun ini mengalami kecelakaan yang harus membuat ia kehilangan satu kaki di awal tahun 2013.

Namun, akibat apa yang ia lakukan, wanita inipun lantas menjadi seseorang yang sangat fenomenal di mata dunia. Pasalnya, Stevens telah mengupload sebuah video bagaimana ia membuat kaki palsu dari ratusan lego sebagai bahan utamanya. Dan hal ini ia katakan terinspirasi dari temannya yang sedang bercanda mengenai lego sebagai kaki buatan.

Mark Lesek

Pria bernama Mark Lesek ini menolak untuk menerima saran dokter yang mengatakan ia tak bisa mengenakan tangan palsu. Lesek kehilangan lengannya dalam sebuah kecelakaan mobil di tahun 2008. Lalu ia mendengar tentang osseointegration, bidang medis yang melibatkan menanamkan logam ke tulang.

Dokter di Melbourne, Australia menolak untuk melakukan prosedur pada tangan pengganti Lesek. Sehingga Lesek terbang ke Swedia dan pergi ke Branemark osseointegration Centre. Di sanalah ia lantas membuat tangan palsu nya sendiri dengan bantuan seorang teman.

Sun Jifa

Pada tahun 2012, seorang pria yang kehilangan kedua tangannya akibat bom berhasil membuat tangan palsu nya sendiri. Yah Sun Jifa merupakan seorang pegawai pengeboman ikan yang pada akhirnya harus menderita akibat apa yang telah ia ciptakan. Namun ia tak mampu jika disuruh membeli tangan buatan yang disediakan di rumah sakit.

Alhasil, akibat membutuhkan tangan pada tubuhnya, pria ini pun berusaha merancang tangannya sendiri selama 8 tahun. Menggunakan serangkaian kabel, dan katrol itulah yang pada akhirnya membuat Jifa berhasil menciptakan tangan palsu. Dan benar, ia pun lantas menjadi bahan pembicaraan terutama di negri asalnya, China.

Mike Schultz

Mike Schultz telah memenangkan beberapa medali di X Games dalam kategori snowmobiles dan sepeda motor. Itu mengesankan, kan? Bahkan yang lebih mengesankan adalah fakta bahwa ia memenangkan semua medalinya sambil mengenakan kaki palsu yang ia ciptakan dari bagian-bagian sepeda gunung.

Pada tahun 2008, Mike harus kehilangan kakinya akibat kecelakaan yang ia alami saat perlombaan mobil di bulan Desember. Karena persediaan kaki palsu yang ditawarkan padanya tak bisa membuatnya tetap mengikuti lomba, ia pun berpikir keras. Hingga akhirnya ia meminta bantuan teman-teman untuk menyediakan bahan sepeda gunung. Dan terciptalah kaki palsu yang masih membawa kemenangan bagi dirinya.

Rafael Angel

Pada tanggal 20 Mei 2012, Rafael Angel Sanguino mengalami kecelakaan dengan sepeda motornya yang membuatnya harus kehilangan tangan kirinya. Sementara, beberapa bulan lagi ia akan menjadi seorang ayah. Dan dokter mengatakan bahwa ia akan hidup dengan kondisi cacat selamanya.

Tak ingin tinggal diam, Rafael memutuskan bahwa ia harus melakukan sesuatu untuk bisa melihat dan merawat anaknya. Dengan bantuan seorang paman yang bekerja di fabrikasi prostesis, bermacam-macam bahan daur ulang membuat ia berhasil menciptakan tangan palsu nya. Dan benar, kini ia sudah berhasil menciptakan sebuah lengan kiri yang dapat bergerak leluasa.

Ivan Owen dan Richard Van As

Seorang anak yang berusia 5 tahun ini nampak senang tatkala melihat barang yang akan menemaninya sehari-hari. Yah Liam merupakan anak yang terlahir dengan dua tangan, namun tanpa jari-jari di tangan kanannya. Hal inilah yang lantas membuat 2 orang, Ivan Owen dan Richard Van As berusaha untuk membantunya.

Menggunakan printer 3D , bersama dengan potongan kabel , kembali tali bungee , dan bidal karet , dua orang berkolaborasi melalui internet untuk membantu anak kecil . Tidak hanya mereka mengubah kehidupan Liam muda, tapi mereka sekarang berharap untuk melakukan hal yang sama bagi orang lain yang mencari alternatif prostetik murah . Untuk itu , mereka telah membuat teknologi bantu open source mereka dan meluncurkan kampanye penggalangan dana .

Easton LaChapelle

Semakin hari perkembangan Prosthetics menjadi sangat pesat dengan harga yang sangat mahal pula. Namun beberapa orang patut berterimakasih atas alternatif prosthetics murah yang diciptakan oleh pria satu ini. Easton LaChapelle adalah seorang siswa yang baru berusia 17 tahun.

Namun karena merasa sedih dengan harga prosthetics yang mahal, ia pun berusaha untuk menciptakan sesuatu. Dan benar saja, harga prosthetics yang semula mencapai 8 ratus juta rupiah, kini menjadi 2,5 juta rupiah dengan alat ciptaannya tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading