Sukses

Lifestyle

Maafkan Aku Anakku, Aku Menggugat Kalian Karena Menelantarkanku

Kasih sayang orang tua kepada anaknya memang sangat besar. Mereka merawat dan menjaga anak-anaknya dengan penuh cinta kasih dan pengertian. Bahkan tak jarang orang tua akan berkorban apapun demi anak mereka. Ketika menginjak usia senja, orang tua pasti berharap akan ada anak-anak mereka yang merawat mereka di hari tua.

Namun kadang yang terjadi, anak-anak melupakan orang tua mereka ketika sudah beranjak dewasa. Mereka terlalu sibuk dengan dunia mereka sendiri sehingga menelantarkan orang tua yang dulu merawat mereka ketika kecil. Karena itu sebuah peraturan baru dibuat di Cina untuk mengatur perlindungan hukum terhadap orang tua yang ditelantarkan oleh anak mereka. Peraturan ini mengatakan bahwa para orang tua harus didukung secara emosional maupun keuangan oleh anak-anak mereka.

Zhang Zefang (c) Merdeka.com

Dengan bermodalkan peraturan ini, seorang wanita yang berusia 94 tahun bernama Zhang Zefang menggugat anak-anaknya sebab mereka tidak pernah peduli dengan dia seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (15/10). Gugatan ini akhirnya dikabulkan oleh pengadilan dan akhirnya memerintahkan agar tiga anak Zhang harus membawa dirinya ke rumah mereka masing-masing selama empat bulan secara bergantian setiap tahunnya. Sedangkan anaknya yang keempat diperintahkan untuk membayar uang sekitar Rp 100 ribu per bulannya untuk biaya keseharian Zhang. Selain itu, keempat anak-anaknya juga harus membagi biaya tagihan medisnya secara bersama-sama.

Zhang mengatakan bahwa dia sebetulnya tidak ingin melakukan hal ini. Sebagai seorang ibu, dia memang dengan sangat tulus merawat anak-anaknya tanpa imbalan apapun. Bahkan dia tidak pernah berpikir apakah anak-anaknya akan mengurusnya ketika dia beranjak tua. Namun dia tidak punya pilihan lain setelah ditelantarkan begitu saja oleh anak-anaknya.

Bagaimana seorang anak begitu tega melupakan ibunya yang merawatnya dengan kasih sayang dulu. Ibunya yang kini renta dan tidak berdaya sudah tidak kuat bekerja dan sakit-sakitan. Seorang ibu juga membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari buah hatinya ketika menginjak usia senja. Kepada siapa lagi dia harus bersandar jika tidak kepada anak-anaknya. Sungguh tega anak yang melakukan ini kepada orang tuanya.

Kasus seperti ini memang sudah banyak terjadi di sekitar kita. Di Cina sendiri, kasus Zhang Zefang menjadi kasus penelantaran orang tua yang keseribu dalam lima belas tahun terakhir. Para orang tua menggugat anaknya karena ditelantarkan dan dilupakan.

Hal ini juga harus menjadi cerminan pada diri kita sendiri. Orang tua kita tidak akan selamanya menjadi muda. Kadang anak terlalu sibuk memikirkan hidupnya sendiri tanpa sadar orang tuanya juga bertambah tua. Mereka membutuhkan anak-anaknya sebagai sandaran. Semoga kisah ini tidak akan terulang lagi di masa depan.

(vem/sir)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading