Sukses

Lifestyle

Tes Keperawanan Hanya Akan Merendahkan Derajat Wanita

Hari-hari ini dunia maya dan pemberitaan di televisi sedang heboh membahas mengenai tes keperawanan yang menjadi salah satu syarat untuk masuk Sekolah Menengah Atas (SMA) di suatu Kabupaten. Tes ini menuai banyak pendapat dan opini, baik mendukung ataupun menolak. Banyak pengguna Twitter berkicau menyuarakan kritikan mereka dan banyak orang-orang yang berkaitan dengan masalah ini angkat bicara. Salah satu pihak yang merespon dengan wacana tes keperawanan ini adalah Komnas Perempuan (Komnas PA).

Komnas PA mengatakan bahwa tes keperawanan adalah salah satu bentuk diskriminasi terhadap wanita dan membuat mereka seolah tidak berharga bila sudah tidak perawan lagi. Ketua Sub Komisi Reformasi Hukum dan Kebijakan pada Komnas Perempuan, Kunthi Tridewiyanti menolak keras wacana yang dianggapnya menyakiti hati wanita ini. Tidak selayaknya sesuatu yang privasi seperti ini menjadi salah satu syarat untuk diterima masuk ke SMA.

"Tes keperawanan juga dapat berimplikasi memutus masa depan anak perempuan karena tidak dapat melanjutkan pendidikan dan hidup dalam stigma negatif di dalam masyarakat. Mereka lupa, tes keperawanan ini sama saja melanggar konstitusi," ujar Kunthi Tridewiyanti di kantornya, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8), dikutip dari merdeka.com. Kunthi menaruh harapan pada pemilu tahun 2014 esok, para pemimpin yang terpilih bisa lebih bijak dan tidak serta merta menyetujui wacana ini.

Tidak heran bila tes keperawanan ini ditakutkan tidak hanya akan membuat seorang wanita minder dan malu tapi juga merusak masa depan mereka. Karena pada dasarnya, pendidikan tidak ada kaitannya sama sekali dengan perawan atau tidaknya seseorang. Kunthi berharap bahwa wacana ini tidak akan menjadi peraturan yang disahkan karena akan banyak sekali yang menjadi korbannya.

Tujuan dari tes keperawanan ini adalah bila ada yang mendaftar dan ternyata sudah tidak perawan dan belum menikah, maka mereka akan mendapat bimbingan spiritual tambahan. Dengan itu, diharapkan angka hubungan seks di luar nikah dan prostitusi bisa ditekan. Bagaimana menurut Anda tentang wacana ini ladies?

BACA JUGA

Demi Beli Narkoba, Siswi SMP Curi Motor Hingga Puluhan Kali

Ditinggal di Mobil, Justin Ditodong Pisau Dan Dirampok

Wanita 50 Tahun, Buka Rahasia Cantik Agar Awet Muda

Sungguh Malang, Antar Anak ke Kantor Berujung Kematian

Berkah Cinta: Model Lingerie Putuskan Berjilbab Dan Masuk Islam Setelah Menemukan Jodohnya

Aneh, Karyawan Perusahaan Ini Diwajibkan Memakai Popok

Cinta Sampai Mati: 'Tolong Selamatkan Istriku Lebih Dulu'

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading