Sukses

Lifestyle

Di Arab Saudi, Dilarang Mencium Tangan Orang Lain!

Mencium tangan sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Bila bertemu dengan orang yang lebih tua atau guru di sekolah, biasanya kita mencium tangan mereka sebagai bentuk penghormatan dan rasa hormat kita kepada mereka. Ternyata budaya mencium tangan ini dilarang lho di Arab Saudi ladies!

Raja Arab Saudi mengatakan bahwa dirinya menentang praktik mencium tangan, menurutnya seseorang hanya diperbolehkan mencium tangan kedua orang tuanya saja. Selain itu, maka dilarang dan dianggap dosa. "Saya menyatakan menolak praktik ini dan meminta semua orang mengikuti apa yang saya lakukan. Mencium tangan hanya boleh dilakukan kepada orang tua sebagai bentuk penghormatan," ucap Raja Saudi Abdullah bin Abdulaziz.

Dalam Islam memang tidak diperbolehkan untuk bersentuhan dengan selain muhrim atau yang sedarah dengan seseorang. Jadi bila seorang laki-laki mencium wanita yang bukan istri atau saudaranya maka hal ini dilarang dan dosa. Tapi budaya cium tangan di Arab Saudi hampir sama seperti di Indonesia, misal seorang murid perempuan kepada gurunya yang juga perempuan. Walau tidak ada hubungan sedarah tapi sesama jenis seharusnya diperbolehkan.

Budaya mencium tangan ini memang sudah lekat di beberapa negara di seluruh dunia, salah satunya adalah Arab Saudi. Biasanya seorang murid atau jamaah mencium tangan Ulama yang mereka temui. Banyaknya beredar foto Ulama yang dicium tangannya oleh murid atau jamaah membuat Raja Abdullah mengeluarkan seruan untuk tidak mencium tangan walaupun laki-laki kepada sesama laki-laki, begitu juga sebaliknya.

Lantas bagaimana tanggapan masyarakat Arab Saudi mengenai peraturan baru ini? Ulama Adel al-Kalbani, mantan imam besar Masjidil Haram menyatakan praktik cium tangan merupakan tradisi sufisme sebagai bentuk kesetiaan. Praktik ini juga biasa dilakukan di wilayah Hijaz dan tidak terlalu banyak berkaitan dengan kebiasaan masyarakat Saudi. Jadi sebenarnya seruan dari Raja Abdullah tidak relevan karena sebenarnya tidak melanggar aturan dalam Islam.

Banyak aturan yang dibuat di seluruh negara di seluruh dunia. Peraturan dilarang mencium tangan ini bisa jadi adalah salah satu peraturan unik yang pernah ada. Nah bagaimana menurut Anda ladies?

BACA JUGA

Gaun Cantik Yang Berbuah Bunga Di Atasnya

5 Tempat Yang Harus Dikunjungi Para Chocoholic

Inilah Anak Tangga Kuno Paling Indah di Dunia

Lukisan Di Museum Ini Bisa Hidup Loh Ladies!

6 Rekor Dunia Yang Bertema Romantis

Alat Anti Mencontek Dari Thailand Ini Unik Banget!

5 Tren Unik Yang Cuma Ada di Jepang

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading